4 Perawatan Gigi Berbehel Ini Wajib Kamu Perhatikan

Ade Indra Kusuma
4 Perawatan Gigi Berbehel Ini Wajib Kamu Perhatikan
Ilustrasi kawat gigi atau behel [shutterstock]

Berikut beberapa tips agar gigi yang berkawat tetap bersih dan sehat.

Suara.com - Bagi Anda yang memakai kawat gigi atau behel, tentunya membutuhkan perwatan khusus untuk merawat kawat gigi agar tetap bersih dan tidak menginfeksi gusi dan gigi. Menggunakan kawat gigi, memang banyak sekali pantangannya, mulai dari tak boleh mengunyah permen karet, hingga makan makanan keras. Berikut beberapa tips agar gigi yang berkawat tetap bersih dan sehat.

Sikat gigi khusus

Ilustrasi sikat gigi. (Shutterstock)
Ilustrasi sikat gigi. (Shutterstock)

Jika Anda memakai kawat gigi, Anda harus menyikat setiap kali selesai makan. Hal ini dilakukan untuk membersihkan partikel makanan yang terperangkap di kawat gigi. Semakin lama partikel-partikel itu terperangkap di dalam kawat gigi, semakin besar risiko Anda mengalami masalah gigi. Gunakan sikat gigi khusus perawatan kawat gigi dengan bulu bundar.

Wax Floss

Ilustrasi bocah laki-laki memakai kawat gigi (Shutterstock)
Ilustrasi bocah laki-laki memakai kawat gigi (Shutterstock)

Anda bisa membersihkan kawat gigi menggunakan floss setidaknya satu kali sehari. Agar membersihkan dengan mudah, gunakan penghubung benang atau flosser ortodontik yang dapat Anda beli di apotik. Wax floss lebih mudah digunakan di antara gigi dan cenderung tidak akan tersangkut pada kawat gigi.

Pilihan lain untuk area yang sulit dijangkau adalah irrigator lisan. Aliran air pulsasi dapat menghilangkan plak dan sisa makanan. Anda juga dapat berkumur dengan obat kumur, untuk membunuh bakteri.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS