Virus Zika Ancam Turis Asing di India

M. Reza Sulaiman
Virus Zika Ancam Turis Asing di India
India kembali dihantam wabah virus Zika. (Shutterstock)

Virus Zika kembali mewabah di India.

Suara.com - Virus Zika kembali mengancam kesehatan masyarakat dan turis di India. Hal ini dikarenakan adanya laporan positif virus Zika di Jaipur, destinasi favorit turis asing di India.

Data dinas kesehatan setempat menyebut sekitar 55 orang diketahui positif mengidap Zika di Jaipur, India. Hal ini menjadi masalah mengingat Jaipur adalah destinasi wisaya yang terkenal dengan keindahan kastil dan museumnya.

"Ini adalah ketiga kalinya wabah Zika merebak di India. Saat ini, kami berupaya mencegah agar virus Zika tak menyebar ke daerah lain." tulis pemerintah India dalam keterangannya, dikutip dari Reuters.

Kabar baiknya, dari 55 orang yang positif teirnfeksi Zika, 38 di antaranya sudah tak lagi menunjukkan gejala.

Pemerintah setempat juga sudah melakukan pencegahan dengan melakukan fogging di daerah-daerah yang dicurigai banyak terdapat nyamuk.

Sekitar 280 tenaga kesehatan dikerahkan untuk menyisir rumah-rumah di Jaipur dan Rajasthan untuk mengontrol larva nyamuk.

Ditemukan pertama kali tahun 1947, virus Zika membuat heboh dunia pada 2015 saat mewabah di Brasil. Virus Zika berbahaya bagi ibu hamil karena dapat menyebabkan anak lahir dengan kondisi mikrosefali.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS