Yang Harus Anda Tahu tentang Warna Es Batu, Awas Ada Bahaya Mengintai!

Ade Indra Kusuma
Yang Harus Anda Tahu tentang Warna Es Batu, Awas Ada Bahaya Mengintai!
Penting untuk mengetahui bahaya yang mengintai di balik warna es batu. (Shutterstock)

Pernahkah Anda mengamati warna es batu buatan sendiri dengan buatan para pedagang es?

Suara.com - Pernahkah Anda mengamati warna es batu yang Anda buat sendiri dengan air matang atau es batu buatan para pedagang es di pinggir jalan maupun di tempat makan? Sadarkah Anda kalau ternyata ada perbedaan mencolok soal warna es batunya?

Mengapa demikian? Hal ini ternyata disebabkan oleh air yang digunakan dalam membuat es batu.

Air mengandung oksigen sehingga hewan yang hidup di air bisa bernafas dan hidup di sana. Selain oksigen, mikroorganisme seperti bakteri juga ada dalam air.

Nah, ketika air dibekukan, zat-zat yang ada di dalam air, termasuk oksigen dan mikroorganisme tersebut akan ikut membeku. Akibatnya warna es batu menjadi keruh (putih susu). Dengan kata lain, es batu yang berwarna keruh terbuat dari air kotor atau belum dimasak.

Lain halnya jika menggunakan air matang. Merebus air akan membuat gas dalam air termasuk oksigen menguap ke udara. Tak hanya itu, mikroorganisme yang ada dalam air juga akan mati.

Lalu apa bahayanya bagi tubuh bila mengonsumsi es batu yang dibuat dari air mentah? Yuk, teruskan membaca artikel tentang warna es batu yang harus Anda ketahui.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS