Menatap Matahari Langsung dapat Obati Berbagai Penyakit?

Silfa Humairah Utami | Risna Halidi
Menatap Matahari Langsung dapat Obati Berbagai Penyakit?
Ilustrasi menatap Matahari langsung. (Shutterstock).

Kok celebrity ini sebut menatap matahari langsung dapat mengobati penyakit?

Suara.com - Seorang celebrity chef asal Australia bernama Pete Evans mendapat kecaman setelah mengatakan bahwa 'sungazing' atau aksi menatap matahari langsung dapat mengobati berbagai penyakit.

Pete juga dikenal sebagai penggiat Yoga dan dipanggil Guru, maka tak heran kalau 'pesan' yang ia sampaikan banyak dipercaya pengikutnya.

"Setiap hari saya sangat suka menikmati air laut yang bersih sekaligus menatap langsung ke cahaya matahari saat awal terbit atau menjelang terbenam," kata Pete dalam salah satu keterangan fotonya dilansir Odditycentral.

Ia melanjutkan, "Hal mudah sekaligus kuat tersebut adalah dua pengobatan murah paling baik di planet untuk tubuh, pikiran dan spirit."

Pete Evans, yang sangat sering membagikan tips wellness setiap hari kepada 200 ribu pengikutnya di Instagram adalah seorang yang mempraktekkan diet paleo dan pernah mendapat kritik luas karena pernah menolak pengobatan medis dari dokter.

Ia pernah meminta orangtua mempraktekkan diet paleo pada bayi-bayinya dan mengatakan bahwa tabir surya adalah hal yang 'berbahaya'.

Meski kontroversi, bukan berarti Pete tak memiliki pendukung. Saat Pete menghimbau pendukungnya untuk melihat langsung ke arah matahari, banyak dokter yang melarang.

Tapi pengikut Pete mengatakan bahwa apa yang idolanya maksud adalah melihat langsung ke matahari sebentar saja.

Sementara dokter mengatakan melihat langsung ke arah matahari, meski sebentar, cukup untuk mengganggu penglihatan.

Bahkan Australian Medical Association of New South Wales (AMA NSW) jelas-jelas menolak himbauan Pete Evans.

"Kami lelah mengatakan ini tapi, tolong jangan ikuti himbauan dari Pete Evans. Apalagi kalau dia menghimbau menatap langsung matahari," tulis AMA NSW di Twitter.

Menatap langsung ke arah matahari, baik saat terbit atau tenggelam saat jaraknya terdekat dengan bumi, adalah salah satu praktil spiritual yang sudah lama diterapkan.

Menurut dokumentasi Eat the Sun, pemula dihimbau menatap matahari langsung selama 10 detik saat terbit dan 10 detik saat terbenam setiap hari.

Sementara bagi mereka yang sudah terbiasa, bisa menatap matahari langsung selama 44 menit.

Ada juga sosok seperti Hira Ratan Manek, yang menngklaim bertahun-tahun tak makan dan hanya 'memakan' cahaya matahari.

Meski begitu, memakan cahaya matahari tak bekerja bagi semua orang.

Di Swiss beberapa tahun lalu bukannya sembuhkan enyakit, heboh tentang penggiat praktek menatap matahari langsung yang hampir mati kelaparan karena berharap dapat hidup hanya dengan memakan sinar matahari.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS