Mudah Kok, Yuk Terapkan Lima Kunci Keamanan Pangan Versi WHO

Rauhanda Riyantama
Mudah Kok, Yuk Terapkan Lima Kunci Keamanan Pangan Versi WHO
Ilustrasi makanan sehat. (shutterstock)

Lebih dari 200 macam penyakit menyerang manusia akibat makanan yang disantap tak terjamin keamanannya.

Suara.com - Berdasarkan data WHO, lebih dari 200 macam penyakit menyerang manusia akibat makanan yang disantap tak terjamin keamanannya. Hal ini menunjukkan bahwa kesadaran masyarakat terhadap keamanan pangan masih kurang.

Bisa dibayangkan, makanan yang tidak aman itu mengandung bakteri, virus, parasit, atau zat kimia berbahaya, sehingga berisiko menimbulkan berbagai penyakit. Akibatnya sebanyak 1 dari 10 orang di dunia sakit setelah menyantap makanan yang terkontaminasi, serta sebanyak 420 ribu orang meninggal setiap tahunnya.

Dari data tersebut, diare merupakan penyakit paling umum akibat dari konsumsi makanan yang terkontaminasi. Diare menyebabkan sebanyak 550 juta orang sakit dan 230 ribu kematian setiap tahun.

Maka dari itu, sebagai orangtua atau individu yang peduli terhadap kesehatan, sudah selayaknya senantiasa menjaga sekaligus memperhatikan kebersihan makanan yang akan dimakan. Jangan sampai kita menjadi salah satu korban yang sakit akibat tidak memperhatikan keamanan pangan.

Nah, untuk menghindarinya, berikut ada lima kunci kemanan pangan versi WHO yang bisa kamu praktikkan di rumah. Mudah kok!

Lima kunci keamanan pangan versi WHO. (Twitter/WHO)
Lima kunci keamanan pangan versi WHO. (Twitter/WHO)

1. Jaga kebersihan

Tak hanya makanan, kebersihan diri sendiri seperti mencuci tangan sebelum makan atau memegang makan, perlu diperhatikan ya. Bukan cuma itu, selama mempersiapkan makanan, jangan lupa juga untuk mencuci tangan.

2. Masak dengan benar

Masaklah hingga matang, terutama jika memasak daging, ayam, telur, dan makanan laut.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS