Jual Ginjal Demi iPhone, Lelaki Ini Jadi Lumpuh Seumur Hidup

M. Reza Sulaiman | Risna Halidi
Jual Ginjal Demi iPhone, Lelaki Ini Jadi Lumpuh Seumur Hidup
Jual ginjal demi iphone, seorang lelaki lumpuh. (Shutterstock)

Jual ginjal untuk beli iPhone bukan sekadar candaan sobat misqueen di media sosial lho.

Suara.com - Jual ginjal untuk beli iPhone bukan sekadar candaan sobat misqueen di media sosial. Hal ini ternyata benar-benar dilakukan oleh seorang lelaki asal Cina.

Xiao Wang baru berusia 17 tahun saat ia memutuskan menjual ginjalnya sendiri demi sebuah iPhone 4.

Kata dokter, ia akan sehat seperti sedia kala karena manusia pada normalnya hanya membutuhkan satu ginjal untuk hidup. Tapi setelah 8 tahun berlalu, Wang kini lumpuh dan menggantungkan hidupnya pada dialisis atau cuci darah.

Kembali pada 2011 lalu, iPhone 4 memang menjadi produk Apple paling dicari sekaligus simbol kemapanan. Tak terkecuali bagi siswa-siswi di sekolah Wang dulu di Chengzhou, Cina.

Tapi sialnya Xiao Wang datang dari keluarga miskin dan tak mampu membeli produk iPhone sampai ia memutuskan untuk menjual satu ginjalnya yang sehat untuk kemudian digunakan modal membeli iPhone.

Wang kemudian dipertemukan dengan penadah organ ilegal yang berani membeli ginjalnya dengan harga 22,000 yuan atau sekitar Rp 45 juta, lebih dari cukup untuk membeli satu iPhone 4 baru.

Tapi ternyata, keputusan Wang benar-benar merusak masa depannya.

Wang melalukan operasi pengangkatan ginjal di rumah sakit ilegal di Chenzou, dan meski dianggap sukses saat itu, kesehatan Wang menurun secara perlahan.

Ilustrasi transplantasi ginjal. (Shutterstock)
Ilustrasi ginjal manusia. (Shutterstock)

"Tempat operasi tidak laik dan tidak bersih yang mengakibatkan infeksi pada lukanya," tulis media lokal, Oriental Daily.

Karena Wang tidak berani memberi tahu orang tuanya tentang apa yang telah ia lakukan, luka infeksi di ginjal semakin menyebar.

Dan saat dibawa ke RS yang lebih baik, dokter mengatakan bahwa satu-satunya cara untuk menyelamatkan Wang adalah melakukan dialisis seumur hidup.

Kini hidup Xiao Wang hanya dihabiskan di atas tempat tidur. Tidak jelas apakah Wang sempat membeli iPhone 4 yang ia damba-dambakan. Pesan moral dari cerita ini, jangan pernah menjual organ tubuh Anda demi apapun juga ya!

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS