Janxiety, Ketika Anda Dilanda Kecemasan Berlebih di Bulan Januari

M. Reza Sulaiman | Firsta Nodia
Janxiety, Ketika Anda Dilanda Kecemasan Berlebih di Bulan Januari
Cemas berlebih di bulan Januari, waspada Janxiety. [Shutterstock]

Kecemasan berlebih di bulan Januari? Bisa jadi Anda mengalami Janxiety. Apa itu?

Suara.com - Gangguan kecemasan bisa terjadi karena banyak faktor. Salah satunya adalah Janxiety, yakni kecemasan berlebih yang muncul di bulan Januari. Kok bisa?

Musim liburan resmi berakhir! Itu artinya kita kembali ke rutinitas seperti biasa. Hal ini juga berarti tidak ada lagi alasan untuk menunda pekerjaan atau aktivitas yang selama ini kita jalani.

Namun sayangnya di awal tahun atau Januari ini, banyak di antara kita yang didera kecemasan berlebih. Kondisi ini kerap disebut Janxiety dan dapat menjadi penghalang dari pencapaian resolusi tahun baru kita.

Dilansir laman Times of India, Janxiety umumnya terjadi karena orang cenderung belum bisa 'move on' dari momen liburan. Mereka umumnya panik ketika sudah harus memulai rutinitas setelah melalui libur panjang akhir tahun. Tapi Anda harus ingat bahwa banyak orang yang mengalami Janxiety tanpa disadari.

Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi Janxiety yang bisa Anda lakukan:

1. Beres-beres rumah
Jika Anda memiliki dekorasi liburan atau hal terkait momen liburan yang masih ada, sekaranglah saatnya untuk kembali menyimpannya. Anda harus membereskan rumah bahkan hanya dengan kegiatan sederhana seperti mengganti selimut atau taplak meja di ruang tamu.

2. Kembali melakukan rutinitas di kantor
Jika Anda sering makan siang bersama teman kantor sebelumnya maka kembali lakukan setelah libur panjang ini. Menjalani rutinitas yang sebelumnya Anda lakukan dapat membantu memunculkan gairah untuk bekerja.

3. Ubah mindset
Anda harus menenangkan pikiran bahwa kecemasan ini hanya terjadi di bulan Januari dan bukan akhir dari dunia. Katakan pada diri sendiri bahwa tidak ada yang harus dikhawatirkan. Anda harus terus maju untuk mewujdukan resolusi-resolusi di tahun 2019 ini.

4. Diet detoks
Liburan seringkali diisi dengan pola makan yang berlebihan. Hal ini dapat mempengaruhi kondisi mental dengan memicu rasa gelisah karena bersalah menghabiskan makanan yang tak sehat. Nah melakukan diet detoks bisa menjadi langkah bagus untuk menyegarkan sistem pencernaan dan mental Anda.

Apakah Anda merasa kecemasan berlebih di bulan Januari, maka kegiatan ini bisa dilakukan. Selamat mencoba!

loading...
Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS