Pertama Kali Ikut Lomba Lari, Ini Tips dari Dokter Timnas

M. Reza Sulaiman | Firsta Nodia
Pertama Kali Ikut Lomba Lari, Ini Tips dari Dokter Timnas
Pemula ingin ikut lomba lari, ini tips dari dokter timnas. (Shutterstock)

Jika Anda termasuk pelari pemula, dokter timnas cantik ini punya tips untuk Anda.

Suara.com - Popularitas lari semakin tnggi. Kini, banyak lomba lari baik untuk pemula maupun pelari profesional. Nah jika Anda termasuk pelari pemula , dokter timnas cantik ini punya tips untuk Anda.

Disampaikan dr. Grace Joselini, selaku dokter Timnas Sepakbola Wanita Indonesia ASIAN GAMES 2018, sebelum mengikuti lomba lari, ia mengimbau agar peserta menyadari kemampuannya.

Jika memang belum pernah mengikuti lomba sebelumnya maka ia menyarankan agar peserta memilih lomba dengan jarak terpendek lebih dulu.

"Misal nggak pernah lari tapi mau ikut ultra marathon itu sama saja bunuh diri. Jadi jangan asal lari karena sebenarnya olahraga itu sama kayak obat harus sesuai dosis. Kalau kurang nggak bermanfaat, berlebihan juga nggak bagus," ujar dia dalam acara Sun Life Resolution Run 2019, di FX Sudirman, Kamis (17/1/2019).

Selain persiapan mental dan fisik, peserta lomba, kata dr Grace juga harus menggunakan outfit yang tepat. Untuk sepatu misalnya pilihlah yang khusus untuk lari. Selain itu usahakan telah menggunakannya sebulan sebelumnya untuk menyesuaikan dengan pola lari Anda.

Sementara untuk pakaian lari, dr Grace juga menyarankan Anda untuk menggunakan pakaian olahraga dengan teknologi dry fit atay cool max sehingga dapat menyesuaikan dengan suhu tubuh dan cuaca agar Anda tidak kepanasan.

"Ada yang pakai jaket full saat lari atau jaket kedap udara, itu justru bahaya. Indonesia kan cuacanya panas jadi pakai pakaian seperti itu justru memicu dehidrasi berat. Banyak yang bilang berat badan turun kok dok, itu sebenarnya air yang banyak keluar dan bahaya untuk kesehatan," tambah dia.

Demi merayakan Imlek, seorang lelaki asal Cina rela lari 211 kilometer ke rumahnya. (Shutterstock)
Pemula dalam lomba lari, ini tips dari dokter timnas. (Shutterstock)

dr Grace juga mengingatkan pelari akan risiko cedera muskuloskeletal karena terjatuh atau keseleo. Nah jika terjadi hal ini jangan memijatnya karena justru akan memperparah robekan ligamen.

"Lebih baik kompres dengan es batu," kata dia.

Risiko lainnya adalah kram otot. Kondisi ini bisa dicegah dengan pemanasan yang cukup sebelum kompetisi. Anda juga harus mencukupi kebutuhan cairan agar tidak dehidrasi dan kram otot.

Biasanya di setiap pertandingan lari penyelenggara menyediakan water station bagi pelari untuk minum.

Itulah tips bagi pemula untuk mengikuti lomba lari dari dokter timnas dr Grace.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS