5 Manfaat Mengikuti Yoga saat Masa Kehamilan

Galih Priatmojo
5 Manfaat Mengikuti Yoga saat Masa Kehamilan
Ilustrasi yoga. (Shutterstock)

Yuk ikutan yoga

Suara.com - Yoga saat masa kehamilan atau saat prenatal ternyata memiliki banyak manfaat lho.

Melansir dari livestrong, yoga saat hamil bisa memperkuat otot saat melahirkan, mengurangi risiko komplikasi kehamilan dan meningkatkan kesehatan bayi. Ini juga bisa mempercepat pemulihan setelah melahirkan.

Menurut ulasan tahun 2015 di American Journal of Perinatology, wanita mendapat manfaat paling besar dari yoga prenatal.

Berikut ulasan lengkap manfaat yoga saat hamil.

1. Membangun kekuatan saat hamil dan persalinan

Tubuh yang kuat pasti lebih siap untuk menangani tekanan fisik saat hamil dan bersalin. Otot inti yang kuat membantu menopang tulang belakang dan punggung bagian bawah yang menahan berat bayi.

Otot-otot ini, termasuk otot dasar panggul, juga membantumu saat melahirkan. Ketika saatnya melahirkan, kamu dapat menggunakan teknik pernapasan untuk menenangkan dan memusatkan diri selama persalinan.

ilustrasi ibu hamil - (Pixabay/StockSnap)
ilustrasi ibu hamil - (Pixabay/StockSnap)

2. Tidur lebih nyenyak

Menurut American Pregnancy Association, 78 persen wanita hamil mengalami insomnia, yang mungkin termasuk kesulitan tidur, sering terbangun di malam hari, sulit tidur kembali dan tidak merasa segar setelah tidur.

Kurang tidur dapat memperburuk masa hamil dan kelahiran. Ini juga memiliki efek buruk seperti durasi persalinan yang lebih lama dan peningkatan kemungkinan kelahiran caesar. Latihan yoga yang teratur dapat membantumu mendapatkan tidur yang berkualitas.

3. Menurunkan tekanan darah

Saat hamil, banyak pikiran menghantui, misalnya pikiran tentang apakah kamu akan menjadi ibu yang baik, kesehatan bayi, saat melahirkan dan sebagainya.

Ini semua bisa saja membuatmu stres. Latihan yoga bisa membantu menenangkan pikiran yang sekaligus menurunkan tekanan darah. "Yoga juga bisa meningkatkan jumlah oksigen pada tubuh dan mengaktifkan respons relaksasi pada neurotransmiter," kata dokter kandungan bersertifikat Dr. Suzanne Gilberg-Lenz.

Ibu hamil (pixabay)
Ibu hamil (pixabay)

4. Berbagi dukungan serta keluh kesah bersama calon ibu lain

Mengikuti kelas yoga bersama para ibu hamil juga bisa menguntungkanmu. Meski kamu mendapat banyak dukungan dari teman dan keluarga, kamu mungkin merasa tidak ada orang yang memahami apa yang kamu rasa.

Kelas yoga pranatal ini merupakan kelas para ibu hamil di mana kamu bisa mendapatkan dukungan langsung dari mereka. Kamu bisa berbagi kekhawatiran, gejala fisik yang kamu alami dan sebagainya.

5. Risiko komplikasi kehamilan lebih rendah

Seperti ulasan tahun 2015 dalam American Journal of Perinatology menemukan praktik yoga prenatal dapat melindungi terhadap komplikasi daripada bentuk latihan lainnya.

"Diabetes gestasional, pre-eklampsia, dan pembatasan pertumbuhan intrauterin lebih jarang terjadi pada ibu hamil yang berlatih yoga," kata Gilberg-Lenz.

Penulis: Yuliana Sere

Sumber: Himedik.com

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS