Waduh, Paparan Polusi Bikin Lelaki Perkotaan Susah Ereksi?

M. Reza Sulaiman
Waduh, Paparan Polusi Bikin Lelaki Perkotaan Susah Ereksi?
Polusi asap di kota bikin lelaki susah ereksi? (shutterstock)

Sebuah studi menyebut paparan polusi bikin lelaki perkotaan susah ereksi. Waduh!

Suara.com - Waduh , Paparan Polusi Bikin Lelaki Perkotaan Susah Ereksi ?

Polusi udara di perkotaan ternyata memiliki dampak buruk bagi kesehatan reproduksi lelaki . Sebuah studi menyebut paparan polusi bikin lelaki perkotaan susah ereksi . Waduh!

Dikutip Himedik dari Dailymail, lelaki yang tinggal di perkotaan lebih cenderung sulit mengalami ereksi karena terpapar polusi. Asap beracun mengurangi aliran darah ke alat kelamin, membuat mereka berisiko mengalami disfungsi ereksi.

Lelaki juga mungkin merasa lebih cepat lelah saat berhubungan seks karena asap dapat mengurangi kapasitas paru-paru.

Studi ini dilakukan di tengah serangkaian bukti yang menunjukkan hubungan antara pencemaran udara dan penyakit serta kesuburan.

Studi yang dilakukan di Guangzhou University di China membandingkan kinerja seksual tikus dalam empat kelompok yang berbeda.

Kelompok pertama menghirup polutan selama dua jam sehari selama tiga bulan, yang kedua selama empat jam, dan yang ketiga selama enam jam.

Kelompok keempat tidak menghirup udara yang tercemar. Penurunan signifikan dalam fungsi ereksi terlihat pada kelompok tikus yang menghirup udara yang tercemar selama empat dan enam jam.

Dr Shankun Zhao, yang terlibat dalam penelitian ini, mengatakan ini adalah penelitian pertama yang memperlihatkan pengaruh polusi terhadap kemampuan ereksi.

Polusi asap di kota bikin lelaki susah ereksi? (shutterstock)
Polusi asap di kota bikin lelaki susah ereksi? (shutterstock)

"Hasil ini meningkatkan kekhawatiran tentang peran potensial yang dimainkan oleh paparan jangka panjang knalpot kendaraan dalam pengembangan disfungsi ereksi," tuturnya.

Studi sebelumnya telah menghubungkan polusi dengan peningkatan risiko kanker payudara, kanker mulut, autisme pada anak-anak dan penyakit jantung.

Para ilmuwan di The Chinese University, Hong Kong menemukan lelaki yang tinggal di daerah dengan tingkat polusi udara tinggi ternyata memiliki sperma yang terdistorsi.

Para ahli menganalisis paparan partikel yang terkait dengan emisi mobil diesel lama. Partikel-partikel ini disebut PM2.5 yang sangat halus sehingga bisa terhirup ke paru-paru dan memasuki aliran darah.

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal BMJ Occupational and Environmental Medicine pada November 2017, memperingatkan polusi udara sekitar dapat berfungsi sebagai faktor risiko kesehatan reproduksi lelaki. Penelitian ini dipublikasikan dalam Journal of Sexual Medicine. (Himedik/Yuliana Sere)

Komentar

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS