Mulpong Dijual di Klub Malam Milik Seungri Ex Big Bang? Apalagi Nih

Silfa Humairah Utami | Risna Halidi
Mulpong Dijual di Klub Malam Milik Seungri Ex Big Bang? Apalagi Nih
Seungri Ex Bigbang diduga menjual narkoba di klubnya. (Instagram)

Apa jenis narkoba yang diduga dijual di klub malam milik Seungri Ex Big Bang?

Suara.com - Mulpong Dijual di Klub Malam Milik Seungri Ex Big Bang? Apalagi Nih.

Skandal klub malam Burning Sun tengah menjadi buah bibir di Korea Selatan bahkan dunia internasional.

Di antara kerumitan kisah yang menyertainya, muncul kabar kalau klub malam yang dikelola oleh Seungri ex anggota boyband Big Bang tersebut terjerat praktik prostitusi dan jual-beli narkoba jenis GHB.

Lalu apa itu GHB atau Gamma Hydroxybutyrate?

Menurut salah satu YouTuber asal Korea Selatan yang fasih berbahasa Indonesia--Korea Roemit, orang Korea lebih mengenal GHB dengan sebutan Mulpong.

"Menurut polisi dan ahli obat-obatan terlarang ini, obat yang digunakan di Burning Sun ini adalah Mulpong, Bahasa Koreanya adalah Mulpong," papar akun YouTube Korea Roemit lewat unggahan berjudul "Burning Sun Fakta akan Terungkap".

Ia melanjutkan, Mulpong memiliki dua dampak utama bagi tubuh yaitu meningkatkan nafsu seksual dan membuat seseorang lupa tindakannya sendiri.

Kondisi diperparah karena Mulpong tidak dapat terdeteksi dalam tubub setelah dikonsumsi lebih dari 12 sampai 24 jam.

Di dunia internasional sendiri, GHB memang masuk ke dalam jenis obat-obatan terlarang.

GHB memilikk nama lain Liquid X, Liquid ecstasy, Georgia home boy, Oop, Gamma-oh, Grievous bodily harm, Mils, G, Liquid G, dan Fantasy.

Dilansir Suara.com di laman drugs.com, Mulpong atau GHB dikenal sebagai "obat-obatan club" dan obat "date rape".

"GHB disalahgunakan oleh remaja dan dewasa muda di bar, pesta, klub dan "rave" (pesta dansa malam), dan sering dikonsumsi bersama minuman beralkohol. Euforia, peningkatan gairah seks, dan ketenangan dilaporkan sebagai efek dari penyalahgunaan GHB," tulis laman drugs.com.

Dampak lain dari mengonsumsi GHB atau Mulpong adalah berkeringat, kehilangan kesadaran, halusinasi pendengaran dan visual yang menyebabkan rasa lelah berlebihan, dan kebingungan.

Pada 1990, badan POM Amerika Serikat, FDA mengeluarkan pedoman bahwa penggunaan GHB tidak aman dan ilegal kecuali berdasarkan protokol yang diawasi oleh dokter yang disetujui FDA. Dan GHB ini pula yang diduga dijual di klub malam milik Seungri Ex Big Bang.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS