Konsumsi Jamur Dua kali Seminggu, Ini Manfaat yang Akan Kamu Dapatkan

Vika Widiastuti | Yuliana Sere
Konsumsi Jamur Dua kali Seminggu, Ini Manfaat yang Akan Kamu Dapatkan
Ayam Cah Jamur. (Instagram/@susie.agung)

Jamur diakui mampu mencegah perkembangan gangguan kognitif ringan.

Suara.com - Jamur ternyata tak hanya enak, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan, salah satunya untuk mengurangi risiko penurunan fungsi otak

Studi mengungkapkan makan jamur dua kali seminggu mengurangi risiko penurunan fungsi otak. HiMedik melansir dari medical daily, jamur diakui mampu mencegah perkembangan gangguan kognitif ringan.

Data baru dari NUS Yong Loo Lin School of Medicine menemukan mengonsumsi setidaknya 300 gram jamur masak per minggu mengurangi risiko penurunan fugsi otak hingga 50 persen.

Para peneliti dari Departemen Kedokteran Psikologis dan Departemen Biokimia di Singapura juga mengklaim bahwa konsumsi jamur mencegah gangguan kognitif ringan.

Mereka yang menderita kondisi tersebut memiliki kadar asam amino ergothioneine yang rendah, menurut Feng Lei, asisten profesor di NUS Psychological Medicine.

Jamur dikatakan mengandung antioksidan yang juga berfungsi sebagai agen anti-inflamasi.

Jamur shitake. (pixabay/cmtsouthshoreroad)
Jamur shitake. (pixabay/cmtsouthshoreroad)

Tubuh manusia tidak dapat mensintesis komponen ini yang mungkin hanya bersumber dari makanan, seperti jamur.

Gangguan kognitif ringan adalah kondisi medis di mana seseorang mengalami penurunan kemampuan mental yang terkait dengan memori dan berpikir.

Gejala-gejalanya tidak secara signifikan memengaruhi kehidupan sehari-hari seseorang tetapi mereka yang didiagnosis dengan kondisi ini yang berusia 65 tahun ke atas memiliki risiko lebih tinggi terkena demensia.

Orang dengan kondisi itu sering melupakan peristiwa hidup dan merasa sulit untuk mengulangi pertanyaan.

Kemampuan memecahkan masalah dan bernalar mereka juga cacat dan mereka mudah teralihkan. Mereka juga berjuang untuk menafsirkan objek visual dan mengalami masalah bahasa.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS