Usia Berapa Anak Sebaiknya Diajarkan Berenang?

Vania Rossa | Dinda Rachmawati
Usia Berapa Anak Sebaiknya Diajarkan Berenang?
Ilustrasi anak belajar berenang. (Shutterstock)

Tak sekadar olahraga, berenang adalah keterampilan hidup yang perlu dipelajari anak.

Suara.com - Mengajak dan mengajari anak berenang adalah hal yang penting, karena sejatinya berenang bukan sekadar persoalan berolahraga atau bersenang-senang di dalam air, tetapi juga sebuah keterampilan agar anak dapat melindungi dirinya sendiri kelak.

Meski begitu, masih banyak orangtua yang ragu tentang kapan anak-anak harus mulai diperkenalkan dengan aktivitas berenang.

Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), usia satu tahun adalah waktu yang tepat untuk mengajarkan anak berenang. Meski begitu, AAP mencatat bahwa setiap anak berkembang dengan kecepatan yang berbeda, dan tidak semua anak siap untuk belajar berenang di usia yang sama. Jika mereka belum siap pada usia 1 tahun, Anda masih bisa menunggu hingga mereka berusia 4 tahun.

"Keputusan orangtua tentang kapan memulai pelajaran berenang atau pelatihan keterampilan bertahan hidup di air pada usia dini harus disesuaikan berdasarkan frekuensi paparan anak terhadap air, kematangan emosi, keterbatasan fisik dan kognitif, dan masalah kesehatan terkait dengan kolam renang," demikian catat AAP seperti dilansir dari laman motherly.

Belakangan, banyak orangtua justru mulai mengajak bayi mereka berenang, Namun AAP menyatakan bahwa tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa melatih berenang sejak bayi akan lebih bermanfaat dibandingkan ketika anak berusia 1 tahun.

AAP juga ingin orangtua menyadari bahwa pelajaran berenang pada usia berapa pun, tetap membutuhkan pentingnya pengawasan orang dewasa di sekitar kolam. Itu karena risiko tenggelam untuk balita usia 1-4 tahun sangatlah besar, demikian menurut AAP.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS