Duduk Terlalu Lama Bikin Pantat Kendur, Yuk Latihan Ini Biar Kencang Lagi!

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni
Duduk Terlalu Lama Bikin Pantat Kendur, Yuk Latihan Ini Biar Kencang Lagi!
Ilustrasi latihan fisik untuk mengencangkan otot pantat. (Shutterstock)

Kebiasaan terlalu lama duduk ternyata bisa mengendurkan otot pantat lho!

Suara.com - Sejauh ini terlalu lama duduk sering dikaitkan dengan nyeri pinggang, osteoporosis dan lainnya, tapi tahukah Anda bahwa ternyata kebiasaan tak sehat itu juga bisa membuat otot-otot pantat jadi mengendur.

Belinda Norton dari Gold Coast menyatakan bahwa terlalu lama duduk membuat otot-otot pantat tidak aktif. Kondisi ini bisa memengaruhi postur tubuh, berat badan dan kesehatan.

Bahkan jika seseorang rutin olahraga, pergi ke gym dan berjalan juga tidak akan menurunkan risiko efek samping terlalu banyak duduk tersebut.

"Otot gluteal (otot pantat) adalah bagian paling penting dari semua kerangka otot dalam tubuh. Ketika seseorang duduk terlalu lama, fleksor pinggul mengencang dan mencegah aktivitas glute," katanya dikutip dari metro.cu.uk.

Lebih lanjut Belinda Norton mengatakan bahwa seseorang tidak dapat memutar-mutar panggul yang akhirnya menyebabkan kompresi di punggung bagian bawah dan bisa menyebabkan sakit punggung. Sebab kebiasaan terlalu lama duduk dapat mengurangi aktivitas saraf yang akhirnya berdampak pada otot di area pantat.

Ilustrasi duduk. (Shutterstock)
Ilustrasi: Duduk terlalu lama ternyata bisa membuat otot pantat mengendur. (Shutterstock)

"Kebiasaan ini sangat merusak fungsi glutes. Praktisi kesehatan telah menemukan kolerasi yang nyata antara tidak kuatnya otot gluteal dengan nyeri kronis di punggung bagian bawah, pinggul, lutut atau pergelangan kaki," ungkap Belinda Norton.

Di sisi lain, Belinda Norton juga tak memungkiri bahwa banyak pekerja yang tidak bisa menghindari kebiasaan duduk lama di kantor, karena berkaitan dengan pekerjaannya.

Oleh karena itu, ia menyarankan orang yang terlalu lama duduk untuk melakukan latihan atau olahraga yang fokus pada kekuatan otot pantat dan tidak harus pergi ke gym. Latihan tepat yang dilakukan untuk mengencangkan otot pantat, kata Belinda Norton, di antaranya latihan clamshell, squat, deadlifts dan lainnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS