Makan Nasi Sebelum Mulai Olahraga Tidak Dianjurkan, Ini Alasannya

Silfa Humairah Utami
Makan Nasi Sebelum Mulai Olahraga Tidak Dianjurkan, Ini Alasannya
Ilustrasi makan nasi sebelum olahraga. (Shutterstock)

Apa alasan makan nasi tidak dianjurkan sebelum olahraga?

Suara.com - Makan Nasi Sebelum Mulai Olahraga Tidak Dianjurkan, Ini Alasannya.

Tubuh membutuhkan asupan energi sebelum Anda melakukan kegiatan olahraga.

Agar tetap kuat selama latihan, tidak sedikit yang makan nasi sebelum olahraga. Namun bolehkah makan nasi sebelum berolahraga?

Nasi termasuk salah satu sumber karbohidrat yang disarankan untuk dimakan sebelum berolahraga. Berdasar informasi dari USA Rice Information, nasi mengandung lebih banyak karbohidrat dibandingkan dengan kentang untuk porsi yang sama.

Dilansir Hello Sehat dari laman American Heart Association, American College of Sports Medicine menyatakan bahwa mengonsumsi makanan dan cairan yang cukup sebelum, selama, dan setelah berolahraga sangatlah dianjurkan.

Hal ini membantu menjaga kadar gula darah selama berolahraga, memaksimalkan kinerja, dan mempercepat pemulihan pascalatihan. Karbohidrat, protein, dan lemak merupakan tiga zat gizi utama yang sebaiknya dikonsumsi sebelum berolahraga.

Nasi merah merupakan sumber karbohidrat yang dianjurkan dimakan sebelum berolahraga. Ini karena nasi merah adalah sumber karbohidrat kompleks yang bisa menjadi sumber energi jangka panjang.

Dibandingkan dengan karbohidrat sederhana seperti nasi putih, nasi merah diserap oleh tubuh dengan lebih lambat. Pasalnya, nasi merah memiliki indeks glikemik rendah dan kadar serat yang cukup tinggi.

Ketika diserap lebih lambat, seseorang memiliki cadangan energi yang lebih selama berolahraga. Dengan begitu, ia tidak akan mudah lemas.

Sementara nasi putih sebagai golongan karbohidrat sederhana biasanya diserap sangat cepat. Hal ini berisiko membuat seseorang mengalami penurunan energi sebelum latihan selesai.

Nasi merah memang lebih baik. Namun bukan berarti Anda tidak boleh makan nasi putih sebelum olahraga. Nasi putih juga baik dikonsumsi untuk Anda yang melakukan olahraga berat, seperti angkat beban.

Nilai indeks glikemiknya yang tinggi mampu membuat penyerapan gula menjadi lebih cepat. Dengan begitu, bahan bakar tubuh juga bisa lebih cepat didapat sehingga cukup menguntungkan untuk latihan-latihan berat.

Selain itu, nasi putih juga dianggap aman dikonsumsi oleh siapa pun karena tidak akan menimbulkan gejala alergi atau masalah pencernaan. Nasi putih dianggap sebagai sumber karbohidrat yang mudah dicerna dan terbukti memenuhi rekomendasi nutrisi untuk olahraga.

Namun perlu diingat bahwa nasi putih bukanlah pilihan yang baik untuk Anda yang olahraganya kurang dari 4 kali per minggu atau memiliki penyakit metabolisme. Sebaiknya, makanlah nasi merah sebagai makanan sehat dan pada nutrisi agar tubuh tetap bugar selama dan setelah berolahraga.

Agar pencernaan tak terganggu, usahakan untuk makan nasi plus lauk lainnya 2 sampai 3 jam sebelum olahraga. Tujuannya agar tubuh memiliki waktu cukup untuk mencerna makanan yang nantinya akan digunakan sebagai sumber energi. Selain itu, hal ini juga menghindarkan perut Anda dari rasa sakit dan mual setelah berolahraga.

Namun jika Anda berencana makan makanan lain selain nasi, makanlah 30 sampai 60 menit sebelum latihan dimulai. Jika Anda hanya punya waktu 5 sampai 10 menit, makanlah buah seperti pisang atau apel sebagai pengganjal perut.

Walaupun tidak dianjurkan untuk menjaga kestabilan berat badan dan bentuk tubuh, namun Anda bisa mengganti menu tersebut dengan buah atau nasi merah yang juga mengenyangkan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS