Hindari 6 Kebiasaan yang Bikin Mata Cepat Tua

Silfa Humairah Utami
Hindari 6 Kebiasaan yang Bikin Mata Cepat Tua
Ilustrasi mata rentan penyakit. (Shutterstock)

Apa saja kebiasaan yang bisa bikin mata cepat tua?

Suara.com - Hindari 6 Kebiasaan yang Bikin Mata Cepat Tua.

Bukan cuma kulit yang bisa menua, mata juga bisa cepat menua dan rentan penyakit karena beberapa kebiasaan.

Apakah Anda memiliki kebiasaan tidur malam, makan makanan cepat saji, atau sering terpapar sinar matahari? Hal-hal tersebut dapat mempercepat penuaan mata.

Berikut adalah 6 kebiasaan buruk yang membuat mata Anda cepat tua dan lebih rentan terkena penyakit dilansir HelloSehat.

Baca Juga: Viral Tren Bulu Mata dan Alis Keriting, Berani Coba?

1. Panas-panasan tanpa kacamata hitam

Jika Anda sering terpapar sinar ultraviolet (UV) dari matahari dapat mempercepat kerusakan mata dan kelopak mata Anda. Paparan sinar matahari berkepanjangan dapat menyebabkan sunburn atau terbakar oleh sinar matahari pada permukaan depan mata (fotokeratitis), katarak, degenerasi makula, pinguekula, pterigium (pertumbuhan lapisan segitiga di permukaan bagian depan mata), bahkan dapat menyebabkan kanker di kelopak mata. Menggunakan kacamata hitam atau sunglasses yang memiliki UV protection 100% dapat mencegah hal-hal tersebut.

2. Menatap layar terlalu lama

Kebiasaan menatap layar smartphone, tablet, atau laptop dapat menyebabkan ketegangan pada mata, sehingga dapat mengakibatkan penglihatan kabur dan sakit kepala. Anda perlu memberikan istirahat pada mata dengan berpaling dari layar Anda beberapa kali setiap jam dengan interval selama 30 detik.

3. Merokok

Baca Juga: Bulu Mata Ekstensi Cepat Rusak? Hindari Lakukan Hal Ini

Kebiasaan merokok dapat merusak seluruh organ dalam tubuh, termasuk mata Anda. Hasil penelitian menyatakan bahwa merokok berhubungan dengan penyakit mata seperti katarak, degenerasi makula, uveitis, dry eyes atau mata kering, dan retinopati diabetik. Fakta membuktikan bahwa perokok memiliki risiko 4 kali lebih besar untuk mengalami kebutaan dibandingkan dengan orang yang tidak merokok. Berhenti merokok, berapapun usia Anda saat ini, dapat menurunkan risiko penyakit mata yang serius.

Komentar