Virus Demam Berdarah Bisa Dilawan dengan 6 Makanan Ini

Vania Rossa | Dinda Rachmawati
Virus Demam Berdarah Bisa Dilawan dengan 6 Makanan Ini
Ilustrasi brokoli, bayam, pepaya, makanan untuk demam berdarah. (Shutterstock)

Coba konsumsi 6 jenis makanan ini untuk melawan virus demam berdarah.

Suara.com - Sekitar 390 juta kasus demam berdarah dilaporkan terjadi setiap tahun di seluruh dunia, demikian dikatakan Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO. Seperti yang sudah banyak diketahui, demam berdarah adalah penyakit yang disebabkan oleh satu dari empat jenis virus dengue, yang ditularkan melalui nyamuk betina Aedes aegypti.

Penyakit ini paling umum terjadi di daerah tropis dan subtropis, yang ditandai dengan gejala seperti demam, sakit kepala, otot, tulang, dan nyeri sendi, muntah, mual, kelenjar bengkak, hingga ruam.

Hidup di daerah tropis dan subtropis tentu membuat Anda berpotensi untuk mendapatkan infeksi ini. Jika tidak segera diobati, demam berdarah dapat menyebabkan komplikasi seperti kerusakan pada paru-paru, hati, atau jantung.

Tekanan darah juga bisa turun secara signifikan dan menyebabkan syok. Dalam melakukan diagnosis, dokter akan melakukan tes darah sederhana untuk memeriksa keberadaan virus atau antibodi.

Nah, untuk menghindari penderitaan akibat demam berdarah, penting untuk mencari cara untuk melawan virus tersebut. Salah satunya adalah dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dan, untuk itu Anda dapat memilih beberapa makanan penambah kekebalan tubuh yang tersedia. Berikut daftar makanan yang mampu melawan virus demam berdarah, dilansir dari laman The Health Site.

1. Jeruk Bali
Buah satu ini kaya akan vitamin C, yang berpotensi meningkatkan produksi sel darah putih dalam tubuh dan meningkatkan kekebalan tubuh.

2. Brokoli
Brokli mengandung vitamin A, C, E, dan berbagai antioksidan penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh yang lebih baik.

3. Bawang putih
Karena adanya senyawa yang mengandung belerang di dalamnya, bawang putih dapat meningkatkan kekebalan tubuh Anda.

4. Bayam
Sayuran hijau ini juga kaya akan vitamin C, banyak antioksidan, dan beta karoten. Inilah yang membuat bayam dapat melawan infeksi dengan kuat.

5. Almond
Vitamin E yang terkandung dalam almond dapat membuat sistem pertahanan tubuh Anda lebih kuat.

6. Pepaya
Pepaya dapat melawan bakteri dan virus secara efektif karena adanya vitamin C di dalamnya dan enzim pencernaan yang disebut papain.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS