Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

Ibu Hamil Tak Boleh Makan Sushi, Mitos atau Fakta?

M. Reza Sulaiman | Firsta Nodia
Ibu Hamil Tak Boleh Makan Sushi, Mitos atau Fakta?
Bolehkah ibu hamil makan sushi? (Shutterstock)

Sushi disebut berbahaya bagi ibu hamil karena mengandung toksoplasma. Apa kata dokter?

Suara.com - Ibu Hamil Tak Boleh Makan Sushi, Mitos atau Fakta?

Menghadapi kehamilan pertama kali tak bisa dipisahkan dari pertanyaan mana yang boleh dan tidak. Hal ini dilakukan dalam upaya menjaga janin agar tetap sehat dalam kandungan.

Salah satu pertanyaan yang kerap ditanyakan para bumil pada dokter kandungan adalah boleh tidaknya mengonsumsi sushi selama hamil.

Menurut dr. Ardiansjah Dara Sp.OG, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan dari RS Jakarta, sebenarnya tak ada pantangan bagi bumil untuk mengonsumsi sushi yang identik dengan salmon mentah.

"Yang dikhawatirkan dari makanan mentah itu kan paparan toksoplasmanya. Toksoplasma sendiri parasit yang hidup di saluran cerna kucing atau di bulu dan poop kucing. Kalau poop itu berada di rumput dan termakan oleh sapi dikhawatirkan parasitnya berpindah ke daging sapi. Makanya kalau makan steak belum matang tidak dianjurkan," ujar dr Ardiansjah dalam temu media di Jakarta, Rabu (26/6/2019).

Nah sementara paparan toksoplasma pada makanan laut seperti salmon sashimi menurutnya sangat rendah. Justru kandungan protein dalam makanan laut sangat baik dikonsumsi selama kehamilan.

ibu hamil boleh makan sushi? (Shutterstock)
ibu hamil boleh makan sushi? (Shutterstock)

Itu sebabnya dr Ardiansjah tidak melarang ibu hamil mengonsumsi sushi.

"Yang harus hati-hati makanan mentah berupa sayuran atau lalapan. Kalau karedok kan sayurannya tidak dimasak, begitu juga lalapan dimakan mentah-mentah. Harusnya lebih khawatir ketika memakan makanan itu, meski tidak semuanya ada toksoplasma tapi kita harus berjaga-jaga," imbuhnya.

Dr Ardiansjah pun mengimbau para bumil yang ingin mengonsumsi sayur mayur dan daging sapi untuk memasaknya terlebih dahulu. Mencuci bersih saja kata dia tidak menjamin parasit toksoplasma bisa hilang.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS