Raffi Ahmad Harus Kontrol Asam Lambung Agar Benjolannya Tak Parah, Kenapa?

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni
Raffi Ahmad Harus Kontrol Asam Lambung Agar Benjolannya Tak Parah, Kenapa?
Ilustrasi asam lambung (shutterstock)

Raffi Ahmad diminta jaga pola makan agar benjolan pita suaranya tidak makin parah, ternyata ini hubungannya dengan laringitis.

Suara.com - Raffi Ahmad diminta harus menjalani pantangan makan setelah periksa ke dokter terkait benjolan di pita suaranya.

Sebelumnya, Raffi Ahmad mengeluhkan suaranya sering serak dan mendadak hilang atau menurun akibat benjolan di pita suaranya.

Suara yang sering serak dan menurun tentu mengganggu pekerjaan Raffi Ahmad yang berperan sebagai host.

Karena itu, dokter pun menyarankan Raffi Ahmad istirahat dan menghindari beberapa makanan sebelum operasi benjolan di pita suaranya.

Pantangan makan tersebut guna mengurangi asam lambung yang bisa memperburuk kondisi benjolan di pita suaranya.

"Kalau pun mau dioperasi. Selain irit bicara, kontrol pola makannya. Ada beberapa pantangan yang nggak boleh dimakan buat mengurangi terjadinya refluks dari asam lambung biar tidak memengaruhi benjolannya tadi," kata dokter yang menangani Raffi Ahmad dikutip dari Youtube Rans Entertainment.

Perlu Anda ketahui asam lambung tidak hanya menyebabkan gangguan pencernaan, rasa asam di mulut maupun kesulitan menelan. Refluks asam lambung juga bisa menyebabkan seseorang kehilangan suaranya.

Raffi Ahmad bersama Nagita Slavina dan Rafathar. [Instagram]
Raffi Ahmad bersama Nagita Slavina dan Rafathar. [Instagram]

Melansir dari Charlotte Eye Ear Nose & Throat Associates kondisi ini disebut refluks laringitis, yakni asam lambung yang naik ke kerongkongan dan mengiritasi laring.

Hal ini bisa menyebabkan pembengkakan kronis pada lipatan vokal dan suara serak. Biasanya refluks asam terjadi ketika isi lambung dan asam naik ke kerongkongan dan tenggorokan.

Refluks lambung terjadi ketika sfingter esofagus bagian bawah yang biasanya bertindak sebagai katup guna mencegah asam lambung naik itu kendor atau tidak berfungsi.

Kondisi ini bisa disebabkan oleh makanan tertentu seperti pedas dan kecut jeruk. Bahkan makan berlebihan juga bisa menyebabkan kondisi ini.

Guna mencegah kondisi ini semakin buruk, Anda perlu minum air putih yang banyak untuk mencegah suara serak dan sakit tenggorokan.

Selain itu, makanlah dengan porsi kecil lebih sering sepanjang hari. Tapi, berhenti rokok dan letakan posisi kepala lebih tinggi saat tidur.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS