Rutin Konsumsi Satu Mentimun Setiap Hari, Ini yang Akan Terjadi pada Tubuh

Vika Widiastuti
Rutin Konsumsi Satu Mentimun Setiap Hari, Ini yang Akan Terjadi pada Tubuh
Ilustrasi makan mentimun, ketimun. (Shutterstock)

Di India, buah ini digunakan sebagai obat tradisional.

Suara.com - Di Indonesia, mentimun biasanya digunakan sebagai pelengkap makanan, seperti lalapan, salad, dan acar. Namun, di India, buah ini juga digunakan sebagai obat tradisional.

Sebab, di tempat hangat seperti India, mentimun memberikan hidrasi dan kesejukan yang diperlukan oleh tubuh.Selain itu, mentimun juga memiliki beragam manfaat bagi kesehatan.

Dilansir dari Bright Side, berikut beberapa manfaat mengonsumsi satu mentimun setiap hari.

1. Turunkan Berat Badan

Kandungan air yang tinggi di dalam mentimun membuat Anda merasa kenyang lebih cepat. Hal ini ujungnya akan membantu mengontrol asupan makanan berlebih dan mendukung program diet yang Anda lakukan.

Bukan itu saja, mentimun juga bebas dari lemak dan rendah kalori. Jadi, mengonsumsi mentimun baik bagi Anda yang sedang berupaya menurunkan berat badan.

Air mentimun (Pixabay/rawpixels)
Air mentimun (Pixabay/rawpixels)

2. Mencegah penyakit neurologis

Fisetin yang terkandung dalam mentimun memiliki manfaat bagi kesehatan otak. Selain itu, mentimun juga mengandung fosfor di mana orang yag kekurangan fosfor lebih mungkin mengalami penyakit kognitif. Jadi, makan mentimun bisa bermanfaat bagi otak dan membuat otak lebih fokus.

3. Kurangi risiko kanker

Fisetin, flavonoid yang terdapat dalam mentimun telah membangkitkan minat para peneliti kanker. Di samping, sifat anti-oksidan dan anti-inflamasi flavonoid ini juga dikaitkan dengan berkurangnya risiko jenis kanker tertentu.

4. Baik untuk pencernaan

Mentimun mengandung serat dan sejumlah air yang bagus untuk pencernaan. Selain itu, vitamin yang terdapat dalam mentimun juga bermanfaat meningkatkan fungsi sistem pencernaan.

5. Menghidrasi tubuh

Mentimun mengandung sekitar 95 persen air. Jadi, mengonsumsi mentimun setiap hari akan membuat tubuh terhidrasi yang pada akhirnya akan bermanfaat untuk kesehatan.

6. Kulit lebih lembut dan bercahaya

Kandungan vitamin B seperti niasin dan riboflavin, serta vitamin C dan seng (mineral) pada mentimun bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Mentimun juga mengandung asam caffeic yang melawan iritasi dan peradangan kulit. Nutrisi dalam mentimun juga membantu melawan tanda-tanda penuaan kulit.

7. Mencegah rambut rontok

Rambut rontok adalah masalah yang menjengkelkan. Nah, ternyata mentimun sangaat bermanfaat untuk kesehatan kulit kepala dan rambut. Biotin, riboflavin, niasin, dan vitamin B5, B6, dan C memiliki peran penting untuk pertumbuhan rambut. Mentimun juga bagus untuk mencegah rambut rontok dan beruban.

Rutin Konsumsi Satu Mentimun Setiap Hari, Ini yang Akan Terjadi pada Tubuh - 2
Ilustrasi rambut rontok. (Shutterstock)

8. Bagus untuk tulang

Mentimun mengandung vitamin K dan kalsium, keduanya penting untuk tulang yang lebih kuat. Vitamin K bermanfaat untuk mengurangi risiko patah tulang dan memiki peran penting dalam penyerapan kalsium dalam tulang.

9. Tingkatkan kesehatan kardiovaskular

Nutrisi seperti kalium, magnesium, dan vitamin K sangat penting untuk sistem kardiovaskular. Vitamin K berperan sebagai faktor penting dalam pembekuan darah dan pengaturan kadar kalsium dalam darah.

Tingkat magnesium dan kalium yang rendah telah dikaitkan dengan tekanan darah yang tinggi . Asupan mentimun secara teratur ditemukan bisa menurunkan kadar kolesterol jahat.

10. Baik untuk kesehatan gigi

Mentimun mengandung molibdenum dan flourida. Keduanya bermanfaat untuk memperbaiki kerusakan gigi dan membuat gigi lebih kuat.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS