Syahnaz Belum Ngidam di Kehamilan 3 Bulan, Kapan Ibu Hamil Ngidam?

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni
Syahnaz Belum Ngidam di Kehamilan 3 Bulan, Kapan Ibu Hamil Ngidam?
Syahnaz Sadiqah dan Jeje Govinda (Instagram/@syahnazs)

Syahnaz Sadiqah ngaku belum merasakan ngidam apapun meski sudah hamil 3 bulan, ternyata ini waktu ibu hamil mengidam.

Suara.com - Saat ini usia kehamilan Syahnaz Sadiqah sudah memasuki 3 bulan. Adik bungsu Raffi Ahmad itu pun nampak menikmati kehamilan pertamanya yang mengandung anak kembar.

Beberapa waktu lalu Syahnaz sempat menceritakan kehamilan pertamanya dalam acara TV. Ia mengaku tidak mengidam apapun selama 3 bulan kehamilan anak kembar pertamanya ini.

Karena, makanan apapun yang dikonsumsinya selalu membuat mual dan muntah. Sehingga Syahnaz merasa tidak pernah kepikiran untuk mengonsumsi sesuatu.

"Bener nggak ada, emang nggak ngidam apa-apa. Soalnya masih mual terus sama semua makanan. Jadi dipaksa aja makan apapun, nggak ada pengen makan apa gitu," kata Syahnaz dalam acara Call Me Mell (09/07).

Anda mungkin pernah penasaran mengapa ibu hamil mengidam dan kapa waktunya ibu hamil ngidam. Melansir dari Early-Pregnancy Tests sebenarnya tidak ada yang mengetahui persis mengapa ibu hamil mengidam.

Syahnaz Sadiqah keliling mal dengan menggunakan kursi roda karena takut kelelahan. [instagram/syanazs]
Syahnaz Sadiqah keliling mal dengan menggunakan kursi roda karena takut kelelahan. [instagram/syanazs]

Tetapi, beberapa ahli mempercayai bahwa ngidam seorang ibu hamil harus ditanggapi serius karena bisa menjadi pertanda defisit gizi.

Misalnya, ibu hamil ingin mengonsumsi burger. Hal itu bisa menjadi pertanda kondisi ibu hamil sedang kekurangan protein.

Dalam kondisi ini tidak ada salahnya selalu menuruti keinginan ibu hamil yang sedang mengidam. Selama, makanan dan minuman yang diinginkan ibu hamil tidak mengandung zat yang berbahay untuk janin.

Misalnya, makanan dan minuman yang mengandung zat alkohol, mentah, mengandung merkuri tinggi hingga produk susu yang tidak dipasteurisasi.

Melansir dari hellosehat.com, rata-rata ibu hamil akan merasakan ngidam di awal trimester pertama kehamilan. Keinginan mengonsumsi makanan tertentu ini pun akan meningkat ketika kehamilan memasuki trimester kedua.

Selanjutnya, ibu hamil akan lebih tenang dan membaik ketika memasuki trimester ketiga kehamilan. Artinya, ibu hamil seperti Syahnaz Sadiqah yang masih berada di trimester awal kehamilan bukan berarti tidak akan mengalami ngidam.

Bisa jadi Syahnaz mulai merasakan ngidamnya ibu hamil ketika kehamilannya memasuki trimester kedua.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS