Kebiasaan Minum Teh Setiap Hari, Ini yang Akan Terjadi pada Tubuh!

Rima Sekarani Imamun Nissa, Shevinna Putti Anggraeni

Sabtu, 10 Agustus 2019 | 13:45 WIB
Kebiasaan Minum Teh Setiap Hari, Ini yang Akan Terjadi pada Tubuh!
Ilustrasi minum teh (shutterstock)

Suara.com - Banyak orang mungkin khawatir minum teh setiap hari bisa menyebabkan diabetes atau penyakit lainnya. Faktanya, itu bukan suatu kebiasaan yang buruk.

Kebiasaan minum teh setiap hari bisa membantu semua organ berfungsi dengan baik. Apalagi teh tanpa pemanis buatan yang kaya antioksidan untuk mencegah penyakit kronis dan memperbaiki sel-sel tubuh.

"Teh berasal dari tanaman camellia sinensis yang mengandung antioksidan (katekin) dan epigallocatechin gallate," kata Anthony Kouri, seorang ahli bedah ortopedi di Ohio dikutip dari Reader's Digest.

Menurutnya, kandungan dalam teh tersebut dapat membantu menghilangkan radikal bebas di dalam tubuh dan mengurangi peradangan. Adapun beberapa hal yang akan terjadi pada tubuh jika Anda minum teh setiap hari.

1. Menurunkan risiko kanker

Kandungan antioksidan dan senyawa dalam teh juga menurunkan risiko kanker tertentu, seperti kanker prostat, kulit, paru-paru, dan payudara.

Terutama teh hitam yang telah dipercaya dapat menurunkan risiko kanker kulit. Karena teh hitam panas bermanfaat untuk karsinoma kulit skuamosa.

Ilustrasi teh hitam (shutterstock)
Ilustrasi teh hitam (shutterstock)

2. Menurunkan risiko diabetes

Minum teh setiap hari dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2 dan membantu mengendalikan gula darah setelah makan.

baca juga

Menurut sebuah penelitian di Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition, teh hitam dapat menurunkan gula darah, termasuk setelah mengonsumsi makanan yang mengandung sukrosa.

3. Gigi lebih kuat

Sebuah penelitian dalam Journal of Oral and Maxillofacial Pathology, teh hijau memiliki efek antibakteri yang bisa mengurangi bakteri pembentuk rongga di mulut.

Minum teh hijau setiap hari juga bisa membuat gigi berlubang tidak terlalu parah.

4. Meningkatkan metabolisme tubuh

Ilustrasi minum teh. (Sumber: Shuttertstock)
Ilustrasi minum teh. (Sumber: Shuttertstock)

Kafein dalam teh juga membantu meningkatkan ketajaman mental, metabolisme tubuh dan pembakaran lemak. Tetapi, Anda tetap saja harus membatasi asupan kafein harian.

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Komentar

Terkait

Polusi Udara di Jakarta, Ini 5 Makanan yang Dapat Menangkal Radikal Bebas

Polusi Udara di Jakarta, Ini 5 Makanan yang Dapat Menangkal Radikal Bebas

Health | Kamis, 08 Agustus 2019 | 06:29 WIB

Polusi Udara Berdampak pada Wajah, Rawat dengan Cara Ini

Polusi Udara Berdampak pada Wajah, Rawat dengan Cara Ini

Lifestyle | Selasa, 06 Agustus 2019 | 07:47 WIB

Keren, Siswi 16 Tahun Bikin Alat Tes Diabetes Tanpa Harus Ambil Darah

Keren, Siswi 16 Tahun Bikin Alat Tes Diabetes Tanpa Harus Ambil Darah

Health | Minggu, 04 Agustus 2019 | 11:20 WIB

Baru, Peneliti Temukan Tato Kulit Pendeteksi Penyakit Kronis!

Baru, Peneliti Temukan Tato Kulit Pendeteksi Penyakit Kronis!

Health | Senin, 29 Juli 2019 | 18:05 WIB

Terkini

Gempa M7,0 di Laut Flores Ganggu Listrik NTT, PLN Mulai Pulihkan Jaringan

Gempa M7,0 di Laut Flores Ganggu Listrik NTT, PLN Mulai Pulihkan Jaringan

Bisnis | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 10:14 WIB

Donald Trump Akan Deklarasi Selat Hormuz Jadi Wilayah Amerika Serikat

Donald Trump Akan Deklarasi Selat Hormuz Jadi Wilayah Amerika Serikat

News | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 10:13 WIB

4 Micellar Water Formula Low pH, Angkat Kotoran Kulit Kering Tanpa Ketarik

4 Micellar Water Formula Low pH, Angkat Kotoran Kulit Kering Tanpa Ketarik

Your Say | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 10:10 WIB

2 Rekomendasi Sunscreen Powder untuk Touch Up Praktis di Kantor

2 Rekomendasi Sunscreen Powder untuk Touch Up Praktis di Kantor

Lifestyle | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 10:10 WIB

Komunitas Motor Matic Tempuh 800 Km Rayakan Hari Jadi Federal Oil

Komunitas Motor Matic Tempuh 800 Km Rayakan Hari Jadi Federal Oil

Otomotif | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 10:10 WIB

Sederet Kritik soal Proyek Utopis Bahasa Asing Prabowo Sejak SD, Beban Siswa hingga Anggaran

Sederet Kritik soal Proyek Utopis Bahasa Asing Prabowo Sejak SD, Beban Siswa hingga Anggaran

News | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 10:04 WIB

Yuk Nikmati Liburan Seru ke Pantai Selatan Yogyakarta Bareng PORTA

Yuk Nikmati Liburan Seru ke Pantai Selatan Yogyakarta Bareng PORTA

Jogja | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 10:01 WIB

Gempa NTT: Warga Kepulauan Selayar Mengungsi ke Dataran Tinggi Usai Lihat Air Laut Surut Tiba-tiba

Gempa NTT: Warga Kepulauan Selayar Mengungsi ke Dataran Tinggi Usai Lihat Air Laut Surut Tiba-tiba

News | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 10:01 WIB

Desa Sejahtera Astra Les dan Iklim Pendidikan Mandiri yang Tak Melulu Bertumpu Pemerintah

Desa Sejahtera Astra Les dan Iklim Pendidikan Mandiri yang Tak Melulu Bertumpu Pemerintah

Your Say | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 09:57 WIB

Bukan Hanya di Lapangan, Ini Cara Komunitas Digital Rayakan 17-an

Bukan Hanya di Lapangan, Ini Cara Komunitas Digital Rayakan 17-an

Your Say | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 09:54 WIB

×