Rutin Konsumsi Apel Setiap Hari Turunkan Risiko Kanker & Masalah Jantung!

Vika Widiastuti | Rosiana Chozanah
Rutin Konsumsi Apel Setiap Hari Turunkan Risiko Kanker & Masalah Jantung!
Ilustrasi apel (Shutterstock)

Buah yang mengandung flavonoid dapat memerangi sel kanker dan masalah jantung.

Suara.com - Beruntung lah bagi Anda pecinta apel dan rutin mengonsumsinya, setidaknya satu buah setiap hari!

Menurut penelitian dari Universitas Edith Cowan, Australia, mereka yang mengonsumsi setidaknya 500 miligram flavonoid (senyawa di dalam apel) dalam sehari lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal karena kanker atau penyakit jantung.

Flavonoid merupakan sekelompok fitokimia yang dipelajari dengan baik untuk mengetahui kaitannya dengan memerangi kanker, lapor American Institute for Cancer Research.

"Secara umum ... ada bukti bahwa banyak flavonoid memiliki efek perlindungan terhadap kanker," kata Donato Romagnolo, PhD, seorang Profesor Ilmu Nutrisi dan Biologi Kanker di University of Arizona Cancer Center.

Selain itu, flavonoid dianggap menjaga kesehatan pembuluh darah dan mengurangi peradangan, yang berkaitan dengan kesehatan jantung serta kanker.

"Temuan ini penting karena menyoroti potensi untuk mencegah kanker dan penyakit jantung dengan mendorong konsumsi makanan kaya flavonoid," kata penulis utama Dr Nicola Bondonno, melansir Daily Mail.

Buah apel dalam jaring. (Shutterstock)
Buah apel dalam jaring. (Shutterstock)

Menurut Bondonno, mengonsumsi flavonoid dapat dipenuhi melalui makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Seperti secangkir teh, satu jeruk, 100 gram blueberry dan 100 gram brokoli akan membuat tubuh mengonsumsi lebih dari 500 miligram.

"Flavonoid telah terbukti anti-inflamasi dan meningkatkan fungsi pembuluh darah, yang mungkin menjelaskan mengapa ini dikaitkan dengan risiko kematian yang lebih rendah akibat penyakit jantung dan kanker," lanjutnya.

Apel juga mengandung antioksidan yang dapat meredam peradangan.

Sedangkan jika tubuh mengalami peradangan dalam jangka panjang akan menyebabkan kerusakan DNA, yang dapat menyebabkan kanker, menurut National Cancer Institute.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS