Gunakan Kunyit untuk Atasi Masalah Rambut Ketombe, Begini Caranya!

Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni
Gunakan Kunyit untuk Atasi Masalah Rambut Ketombe, Begini Caranya!
Manfaat kunyit untuk mengatasi rambut berketombe (shutterstock)

Kunyit adalah salah satu bumbu dapur yang banyak manfaatnya untuk kesehatan dan perawatan kecantikan.

Suara.com - Kunyit salah satu bumbu dapur yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Bahkan, Anda bisa menggunakannya untuk perawatan kecantikan alami di rumah.

Salah satunya, Anda bisa mengatasi berbagai masalah kerusakan rambut menggunakan kunyit, mulai dari masalah rambut ketombe, bercabang, hingga merawat rambut agar tetap berkilau.

Melansir dari Lifealth, ada banyak cara menggunakan kunyit untuk mengatasi masalah rambut akibat kotoran, polusi hingga pola makan tidak sehat.

1. Pencegahan ketombe

Kunyit mengandung sifat antiseptik dan anti-inflamasi yang membantu mengurangi gatal akibat ketombe. Caranya adalah dengan mencampurkan kunyit dan minyak zaitun dalam jumlah sama, lalu pijatkan ke kepala selama 20 menit. Setelah itu, cuci rambut Anda dan keramas.

Gunakan Kunyit untuk Atasi Masalah Rambut Ketombe, Begini Caranya! - 1
Ilustrasi rambut berketombe (shutterstock)

2. Rambut rontok

Stres, ketidakseimbangan hormon, dan diet yang tidak bergizi bisa menyebabkan masalah rambut rontok. Anda bisa mengatasi masalah ini dengan menggunakan kunyit.

Caranya, tempelkan kunyit, susu dan madu, lalu pijatkan ke kepala. Kurkumin dalam kunyit itulah yang dipercaya bisa mengatasi dan mencegah rambut rontok.

3. Pewarnaan rambut alami

Biasanya orang menggunakan bahan kimia untuk mewarnai rambut. Anda juga bisa menggunakan kunyit untuk memberi warna berbeda pada rambut.

Ilustrasi pasta kunyit. [Shutterstock]
Ilustrasi pasta kunyit. [Shutterstock]

Caranya sederhana. Campurkan kunyit dan air dengan perbandingan 75 hingga 25 lalu tambahkan sedikit gara. Setelah tercampur semuanya, oleskan ke rambut hingga ke akar.

4. Perawatan gatal kulit kepala

Anda juga bisa memanfaat kunyit untuk mengatasi masalah kulit kepala, termasuk gatal, rambut tipis dan bengkak. Caranya pun sama seperti perawatan rambut dengan kunyit lainnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS