Jarang Mimpi Saat Tidur Malam, Hati-hati Ini Tanda Masalah Kesehatan!

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni
Jarang Mimpi Saat Tidur Malam, Hati-hati Ini Tanda Masalah Kesehatan!
Ilustrasi orang tidur (shutterstock)

Penelitian baru menemukan bahwa orang yang jarang mimpi saat tidur malam berkaitan dengan sejumlah penyakit.

Suara.com - Banyak yang mengira jika seseorang tidak mimpi ketika tidur malam, artinya mereka tidur sangat nyenyak. Padahal hal ini berkaitan dengan kondisi dan risiko kesehatan.

Menurut sebuah penelitian baru dilansir dari The Healthy, Anda berisiko lebih tinggi mengalami obesitas, hilang ingatan dan peradangan di seluruh tubuh jika tidak mimpi saat tidur. Padahal penyakit tersebut bisa menyebabkan masalah autoimun.

Karena itu, bermimpi ketika tidur malam dan mengingatnya esok pagi termasuk hal penting bagi kesehatan tubuh Anda. Mimpi juga sangat penting untuk sistem perbaikan tubuh dan proses pembelajaran serta memori otak.

"Mimpi buruk maupun mimpi yang terlupakan, sebenarnya berkaitan dengan gangguan emosi, kecemasan, depresi dan bentuk-bentuk penyakit mental," kata Rubin Naiman, spesialis tidur dan mimpi di Andrew Weil Center for Integrative Medicine di University of Arizona.

Selain itu, mimpi saat tidur juga memproses dan mengonsolidasikan memori, gangguan kognitif ringan dan gangguan neurologis. Salah satunya penyakit alzheimer yang terkait dengan mimpi terlupakan.

Tips tidak telat datang ke kantor
Ilustrasi orang tidur (shutterstock)

Sayangnya, hal ini belum mendapat perhatian khusus secara medis, meskipun memengaruhi kesehatan mental. Naiman juga mengungkap beberapa hal yang bisa menyebabkan seseorang tidak mimpi.

Mulai dari penggunaan tablet, gadget, komputer, lampu terang hingga alarm termasuk benda-benda yang menyebabkan seseorang tidur tanpa bermimpi.

Alkohol juga termasuk yang menyebabkan seseorang tidak mendapat mimpi ketika tidur. Meskipun beberapa orang mungkin minum alkohol agar tidur lebih nyenyak atau melepas stres.

Menurut Naiman, alkohol menyebabkan pelepasan hormon yang mengganggu fase tidur REM alias Rapid Eye Movement. Karena itu, Anda sebaiknya memperhatikan kondisi kesehatan tubuh diri sendiri ketika tidur malam tapi tidak mimpi apapun.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS