Heboh Balita Makan Kecoa, Hati-Hati Dampaknya Bisa Bikin Keracunan!

Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni
Heboh Balita Makan Kecoa, Hati-Hati Dampaknya Bisa Bikin Keracunan!
Ilustrasi kecoak. [Shutterstock]

Baru-baru ini heboh dua anak balita memakan kecoa ketika bermain tanpa pengawasan orangtua.

Suara.com - Kisah dua balita asal Cina yang memakan kecoa sempat menjadi perhatian publik ketika dibagikan di Facebook. Dua balita tersebut memakan kecoa ketika bermain sendirian tanpa pengawasan orangtuanya.

Saat itu, sang ibu baru saja menggantikan popok lalu meninggalkan mereka bermain di kamar karena ingin menyiapkan makanan. Tetapi, dua anak balita itu yang tadinya bersuara tiba-tiba hening.

Sang ibu lantas mengecek kondisi anak-anaknya yang ternyata sedang terdiam sambil memakan kecoa di kamar. Sang ibu yang terkejut langsung menghentikan dan mengeluarkan kecoa dari mulut anaknya.

"Aku tidak merasa jijik dengan hal itu. Tapi aku sempat harus mengeluarkannya secara paksa karena salah satu anak masih menggigit kaki kecoa dan tidak mau mengeluarkannya," katanya, dikutip dari World of Buzz.

Seperti yang Anda ketahui kecoa salah satu hewan yang sering bersarang di tempat paling kotor. Karena itu, sudah pasti kecoa hewan yang sangat jorok dan bisa membahayakan kesehatan manusia.

Melansir dari Batzner, kecoa dapat menyebarkan bakteri dan parasit yang hidup di dalamnya dengan cara mengontaminasi makanan kita. Dalam hal ini, kecoa bisa membuat kita terinfeksi bakteri.

Ilustrasi kecoa (shutterstock)
Ilustrasi kecoa (shutterstock)

Adapun bakteri yang dapat ditularkan dari kecoa, yakni bakteri pseudomonas aeruginosa dan baktero salmonella yang bisa menyebabkan keracunan serta penyakit tipus. Biasanya bakteri salmonella ini berada di kaki kecoa.

Selain itu, kecoa juga bisa mengontaminasi makanan dengan kotoran maupun air liurnya yang mengandung lebih banyak bakteri penyebab keracunan, diare dan infeksi staphylococcus.

Jangankan mengonsumsi makanan yang terkontaminasi, menghirup debu yang mengandung kotoran kecoa atau bagian tubuhnya juga bisa menyebabkan reaksi alergi dan asma, terutama pada anak-anak.

Kecoa selalu mencari makanan di tempat sampah sehingga membuat banyak organisme bakteri menempel di kakinya. Jadi, sangat berbahaya jika kecoa hinggap di makanan kita, apalagi jika kita sampai memakannya.

Ilustrasi keracunan makanan. (Shutterstock)
Ilustrasi keracunan makanan. (Shutterstock)

Dengan melihat banyaknya risiko penyakit, penting bagi semua orang mengambil tindakan pencegahan untuk melindungi diri dari kecoa yang mengancam kesehatan.

1. Tempatkan semua makanan atau bahan yang bisa dimakan dalam wadah yang tertutup rapat, termasuk makanan hewan peliharaan.

2. Buang sampah secara teratur.

3. Bersihkan semua area yang terkena tumpahan makanan, termasuk bawah kompor, lemari es, belakang lemari, dan bawah meja makan.

Sebab, tempat yang bersih akan membuat kecoa tidak akan mendekat dan mengontaminasi makanan Anda.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS