Bulan Kesadaran Kanker Payudara, Ini 4 Makanan yang Perlu Dihindari!

Vika Widiastuti
Bulan Kesadaran Kanker Payudara, Ini 4 Makanan yang Perlu Dihindari!
Ilustrasi kanker payudara. (Shutterstock)

Beberapa kebiasaan dinilai memengaruhi risiko penyakit ini, apa saja makanan yang bisa berbahaya?

Suara.com - Bulan kesadaran kanker payudara diperingati setiap Oktober. Tujuannya adalah meningkatkan kesadaran masyakarakat pentingnya kesadaran dan deteksi dini kanker payudara.

Diagnosis dini penting dalam perawatan dan pengobatan kanker payudara. Selain itu, beberapa kebiasaan gaya hidup dipercaya bisa mencegah penyakit ini, misalnya dari makanan.

Ada pula makanan yang diyakini bisa meningkatkan risiko kanker payudara. Berikut makanan yang perlu Anda waspadai seperti dilansir dari thehealthsite.

1. Susu

Susu sebenarnya menjadi ketubuhan diet yang bermanfaat untuk tubuh. Namun, di era sekarang tak sedikit makanan yang dipalsukan, termasuk susu.

Untuk memenuhi meningkatnya kebutuhan produk susu, peternak sapi perah akan menyuntikkan sapi dengan hormon untuk meningkatkan produksi susu. Ini pada akhirnya bisa berdampak pada kesehatan wanita yang menempatkannya pada risiko kanker payudara yang lebih tinggi.

Bulan Kesadaran Kanker Payudara, Ini 4 Makanan yang Perlu Dihindari! - 1
Ilustrasi kanker payudara. (Shutterstock)

2. Lemak jenuh dan lemak trans

Lemak jenuh dan lemak trans dari makanan olahan bisa meningkatkan risiko kanker payudara. Hindakan pula makanan olahan seperti keripik dan cookies.

Sebaliknya, konsumsilah buah-buahan dan sayuran yang mengandung lemak baik yang bermanfaat untuk mengurangi risiko kanker payudara.

3. Banyak asupan gula

Mengurangi asupan gula terbukti bermanfaat untuk pasien yang menjalani perawatan kanker. Menurut jurnal Cancer Causes and Control, wanita yang mengonsumsi gula dalam jumlah tinggi memiliki risiko 27 persen lebih tinggi terkena kanker payudara dibanding mereka yang mengonsumsi lebih sedikit gula.

Karbohidrat dalam makanan manis bisa membuat tubuh kita melepaskan banyak insulin yang mendorong pertumbuhan sel kanker.

Ilustrasi gula. (Shutterstock)
Ilustrasi gula. (Shutterstock)

4. Daging merah

Meski dianggap baik untuk kesehatan, seseorang harus berhati-hati mengonsumsi daging merah. Daging beku, daging merah yang diawetkan dan diproses mengandung banyak garam, lemak dan pengawet yang lebih tinggi.

Hal ini bisa meningkatkan risiko kanker payudara. Hindari hal ini dan pilihlah daging merah yang baru dipotong.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS