Tren Garam Himalaya untuk Hipertensi, Ternyata Ini 4 Manfaat Sehat Lainnya!

Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni
Tren Garam Himalaya untuk Hipertensi, Ternyata Ini 4 Manfaat Sehat Lainnya!
Manfaat garam himalaya (Pixabay/theresaharris10)

Garam merah mudah himalaya yang dianggap baik untuk darah tinggi ternyata memiliki banyak manfaat kesehatan.

Suara.com - Anda pasti sudah pernah mendengar tentang garam himalaya merah muda yang dianggap baik bagi penderita darah tinggi atau hipertensi.

Secara kimiawi, garam merah mudah himalaya mirip dengan garam biasa yang mengandung 98 persen natrium klorida. Tetapi, garam himalaya mengandung mineral, potasium, magnesium dan kalsium yang membuat wujudnya merah muda.

Mineral di dalam garam merah muda himalaya itu pula yang membuatnya berbeda dengan garam dapur biasanya. Karena dianggap lebih sehat, banyak orang menggunakan garam merah muda himalaya sebagai pengganti garam meja.

Melansir dari Medical News Today, adapun manfaat kesehatan dari penggunakan garam merah mudah himalaya yang perlu diketahui sebelum mengonsumsi antara lain:

1. Kaya mineral

Beberapa sumber mengatakan bahwa garam merah muda himalaya mengandung 84 mineral yang berbeda. Hal itu karena bahan ini mengandung hingga 98 persen natrium klorida.

Artinya, sekitar 2 persen garam himalaya ini mengandung berbagai mineral. Dengan demikian, garam ini lebih aman dikonsumsi daripada garam dapur biasanya.

Garam himalaya (Pixabay/minree)
Garam himalaya (Pixabay/minree)

2. Menurunkan sodium

Banyak orang memercayai bahwa garam himalaya lebih rendah sodium daripada garam dapur biasanya. Selain itu, garam himalaya umumnya juga lebih asin daripada garam dapur.

Jadi, orang cukup menggunakan garam himalaya sedikit untuk mendapatkan rasa asin. Itu berbeda dengan garam dapur yang tidak menambah kandungan natrium jika dicampur ke dalam makanan.

3. Garam lebih alami

Beberapa orang mengklaim bahwa garam himalaya lebih alami daripada garam dapur. Garam himalaya juga kurang artifisial yang bisa tidak mengandung aditif.

Ilustrasi garam. (Shutterstock)
Ilustrasi garam. (Shutterstock)

4. Membantu hidrasi

Beberapa orang percaya bahwa garam himalaya dalam makanan dan minuman dapat membantu tubuh mencapai keseimbangan cairan yang optimal sekaligus mencegah dehidrasi.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS