3 Makanan yang Baik untuk mencegah Penyakit Jantung, Apa Saja?

Vika Widiastuti
3 Makanan yang Baik untuk mencegah Penyakit Jantung, Apa Saja?
Khasiat Sayuran Bagi Kulit Wajah ( Shutterstock )

Tiga makanan ini akan memastikan jantung Anda tetap sehat dan risiko serangan jantung berkurang.

Suara.com - Pola makan berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung, di samping olahraga yang teratur. Makanan yang tinggi gula, garam, dan lemak jika dikonsumsi terlalu sering bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

Namun jangan khawatir. Ada beberapa makanan yang bisa menjaga kesehatan jantung. Tiga makanan ini akan memastikan jantung Anda tetap sehat dan risiko serangan jantung berkurang jika dikonsumsi teratur.

Berikut tiga makanan yang baik untuk jantung seperti dilansir dari timesofindia.

1. Telur

Bukan hanya sebagai pembangkit protein, telur juga sangat baik untuk kesehatan jantung. Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Heart, mengonsumsi telur tiap hari berkaitan dengan risiko penyakit kardiovaskular yang lebih rendah.

Ilustrasi sarapan telur ceplok. (Shutterstock)
Ilustrasi sarapan telur ceplok. (Shutterstock)

2. Buah berry

Buah berrry bukan hanya menjadi tambahan yang sangat lezat untuk smoothie harian Anda, tetapi juga baik untuk jantung. Menurut penelitian, asupan harian 1 cangkir (150 gram) blueberry bisa meningkatkan fungsi pembuluh darah.

Hal ini karena blueberry kaya akan antosianin, antioksidan yang membantu mencegah penyakit kardiovaskular.

3. Bayam

Jantung merupakan buah berdaun hijau yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Bukan hanya sumber vitamin K, bayam juga mengandung nitrat yang keduanya bermanfaat memberikan perlindungan dari penyakit jantung dengan melindungi arteri dan mengurangi tekanan darah.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS