5 Suara Aneh di Tubuh, Nomor 1 Paling Sering Bunyi saat Lapar

Ade Indra Kusuma | Dini Afrianti Efendi
5 Suara Aneh di Tubuh, Nomor 1 Paling Sering Bunyi saat Lapar
Ilustrasi lapar, yang ternyata bikin orang mudah stres [shutterstock]

Pernahkah Anda mendengar saat lapar perut bunyi "kriuuk"? Tanda apa itu?

Suara.com - 5 Suara Aneh di Tubuh, Nomor 1 Paling Sering Bunyi saat Lapar

Tubuh manusia merupakan jaringan paling kompleks dan satu dengan yang lainnya saling terhubung. Maka saat ada yang tidak beres dengan tubuh, mereka akan berkomunikasi lewat rasa sakit, bahkan melalui suara.

Mengutip Times of India, Selasa (5/11/2019) seringkali pasti Anda mendengar suara-suara aneh yang dikeluarkan tubuh saat momen tertentu dan itu adalah tanda yang diberikan tubuh. Apa saja suara aneh tersebut?

Ilustrasi sakit leher. (Shutterstock)
Ilustrasi pegal pada leher. (Shutterstock)

1. Perut keroncongan

Suara ini bisanya terjadi sebelum makan, yang disebut-sebut sebagai tanda kelaparan, padahal tidak melulu loh, karena suara ini juga kerap didengar setelah makan. 

Suara gemericik sebelum makan ini karena adanya udara dan cairan bergerak melalui saluran pencernaan. Sedangkan menggerutu saat perut kosong artinya usus sedang membersihkan sisa makanan dan cairan yang ada di perut.

2. 'Krek' di leher

Saat lama menatap layar komputer, lalu saat leher mulai pegal, kita menggerakkan leher dan tiba-tiba terdengar bunyi retak "krek". Tenang, itu bukan berarti kita bertambah tua loh. Leher sendiri terdiri dari banyak sendi dan masing-masing berisi cairan yang dilapisi seperti kapsul. 

Nah, suara retak itu menandakan pecahkan gelembung di bagian sendi tersebut, dan ini normal. Tapi yang perlu dikhawatirkan adalah saat suara retak itu dibarengi dengan rasa sakit, maka itu artinya adanya tanda masalah akar saraf.

3. Berdenging di telinga

Saat meletakkan kepala di bantal pada malam hari lalu telinga tiba-tiba berdenging, itu akan sangat menakutkan. Tapi tenang, tidak ada yang perlu ditakutkan kok, karena denging terjadi karena adanya darah yang melewati vena jugularis dan arteri karotis yang terletak di belakang telinga.

Alasan mengapa bisa kita dengar jelas di malam hari, karena waktu itu lingkungan di sekeliling sunyi. Tapi jika dengingan cukup keras kita pasti bisa mendengarnya di pagi hari.

4. Cegukan

Nah, suara ini mungkin paling menyebalkan karena akan menganggu saat kita berkomunikasi, tapi ini bisa berbahaya loh jika terjadi setiap hari. Pada dasarnya, suara 'hik' yang keras dihasilkan karena kontraksi diafragma yang tidak sengaja, yang membuat penutupan tenggorokan secara tiba-tiba. 

5. Hidung bersiul

Pernah tiba-tiba mendengar dan mengalami hidung bersiul saat kita bernapas. Meskipun menyebalkan, hidung bersiul jadi tanda terhalangnya aliran udara. Suara terjadi karena adanya endapan yang berlendir berlebihan pada lapisan saluran hidung. Lalu yang perlu dilakukan ialah membersihkan sumbatan agar aliran udara kembali lancar. 

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS