Khusus Penggemar Kuliner, Lakukan 5 Langkah Ini agar Tubuh Tetap Sehat

Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni
Khusus Penggemar Kuliner, Lakukan 5 Langkah Ini agar Tubuh Tetap Sehat
Ilustrasi orang makan [shutterstock]

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan oleh penggemar makan agar tubuh tetap sehat dan bugar.

Suara.com - Setiap orang memiliki cara masing-masing untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuhnya. Salah satunya dengan mengatur pola makan dan beberapa faktor lainnya.

Tetapi, tak semua orang mungkin bisa mengatur pola makan mereka. Contohnya, banyak orang masih terbiasa makan junk food atau sulit makan sayur.

Tenang, penikmati kuliner bukan berarti akan memiliki tubuh yang tidak sehat. Para pecinta makanan asal Malaysia memiliki trik khusus untuk menjaga tubuhnya tetap sehat.

Tidak hanya olahraga, Anda perlu melakukan beberapa hal ini saat makan dan bersantai agar tubuh tetap sehat, seperti yang dilansir dari World of Buzz.

1. Kunyah makanan setidaknya 30 kali

Banyak orang pahamnya harus mengunyah makanan 3 kali sebelum menelan. Tetapi yang lebih baik, Anda mengunyah makanan setidaknya 30 kali sebelum menelannya.

Anda yang makan lebih lambat dan sedikit akan lebih cepat merasa kenyang. Dengan begitu, Anda tidak akan makan berlebihan dan mampu mengontrol berat badan.

Mengunyah lebih lama juga membantu tubuh menyerap lebih banyak nutrisi dan merasa kenyang lebih lama.

Ilustrasi olahraga (shutterstock)
Ilustrasi olahraga (shutterstock)

2. Latihan fisik ringan

Lakukan latihan fisik ringan ketika sedang bersantai, seperti squat atau melatih betis sambil menyikat gigi. Latihan fisik ringan selama 60 detik yang dilakukan secara rutin bisa menjaga kesehatan tubuh.

3. Olahraga sebelum makan

Olahraga sebelum makan bisa membantu tubuh membakar lemak dan karbohidrat lebih efisien. Bahkan, lemak yang dibakar juga jauh lebih banyak daripada olahraga setelah makan.

4. Jalan kaki 15 menit setelah makan

Pastikan Anda selalu berjalan kaki setidaknya 15 menit setelah makan. Aktivitas ini membantu tubuh memindahkan makanan ke saluran pencernaan.

ilustrasi makan shabu shabu [shutterstock]
Ilustrasi makan shabu shabu [shutterstock]

Dengan demikian, tubuh akan mencerna makanan secara lebih baik dan cepat. Selain itu, jalan kaki setelah makan juga mampu mengurangi kadar gula darah pasca makan yang bisa menyebabkan jantung dan diabetes.

5. Pakai aplikasi untuk mendeteksi kondisi kesehatan secara pribadi

Anda juga bisa menggunakan aplikasi khusus untuk mendeteksi kondisi kesehatan. Jadi, Anda dapat memantau kebutuhan tubuh agar tetap sehat dan bugar.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS