Catat, Ini Kata Dokter Soal Penyebab Kematian pada Pasien Diabetes

M. Reza Sulaiman
Catat, Ini Kata Dokter Soal Penyebab Kematian pada Pasien Diabetes
Ilustrasi pasien diabetes. (Shutterstock)

Penyakit diabetes memang berkaitan erat dengan kelebihan gula, namun yang menyebabkan kematian bukanlah gara-gara tingginya gula darah. Lalu apa penyebabnya?

Suara.com - Catat, Ini Kata Dokter Soal Penyebab Kematian pada Pasien Diabetes

Penyakit diabetes melitus atau kencing manis masih menjadi momok bagi masyarakat Indonesia. Padahal menurut pakar, sejatinya penyakit diabetes tidak selalu menyebabkan.

Dokter spesialis penyakit dalam dari RSUP Sanglah, Bali, Prof. Dr dr. Ketut Suastika, SpPD-KEMD mengatakan penyakit diabetes memang berkaitan erat dengan kelebihan gula, namun yang menyebabkan kematian bukanlah gara-gara tingginya gula darah. Lalu apa penyebabnya?

"Memang ada orang diabetes meninggal karena ketoasidosis yang artinya kegawatan diabetes. Tapi itu nggak banyak jumlahnya, yang banyak jumlahnya adalah yang berdampak dari komplikasi," katanya dalam kegiatan di The 6th Indonesian Health Economics Association (InaHEA) Annual Scientific Meeting (ASM), di Nusa Dua, Kamis (7/11/2019), dilansir Antara.

Ia menjelaskan bahwa pasien diabetes memang ditandai oleh gula dan sering dikaitkan dengan obesitas, namun bisa menyebabkan kematian itu karena komplikasi seperti dengan hipertensi atau ginjal.

Dijelaskannya, diabetes dipengaruhi dua komponen yang paling penting yang juga terjadi di seluruh dunia, yakni disebabkan oleh pola makan yang berlebihan dan seberapa banyak kita lakukan latihan fisik sehingga biasanya dikaitkan dengan obesitas.

ilustrasi diabetes. (Shutterstock)
ilustrasi diabetes. (Shutterstock)

Ia mengingatkan bahwa jumlah penderita diabetes Indonesia cukup mengkhawatirkan dan masuk dalam deretan 10 besar di dunia.

"Jadi kita belakangan memang cenderung latihan fisiknya kurang dan pola makan juga mulai berubah saat ini, tidak kekurangan lagi dan malah jadi berlebihan. Ini bisa jadi pemicu," tambahnya.

Untuk itu, pasien diabetes wajib memerhatikan pola makan dan aktivitas fisik. Dua hal inilah yang bisa mencegah pasien diabetes mengalami kematian karena komplikasi.

"Kalau sudah ada usaha menurunkan berat badan dengan latihan fisik dan diet, ini bisa jadi cara mencegah komplikasi," ucapnya. [ANTARA]

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS