Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

Cek Fakta: Minum Air Putih di Pagi Hari Bantu Tubuh Usir Racun

Vania Rossa | Dini Afrianti Efendi
Cek Fakta: Minum Air Putih di Pagi Hari Bantu Tubuh Usir Racun
Minum air putih di pagi hari. (Shutterstock)

Apakah Anda termasuk salah satu yang melakukan kebiasaan minum air putih di pagi hari?

Suara.com - Banyak orang sudah tahu manfaat banyak minum air putih untuk kesehatan, mengingat hampir 70 persen tubuh manusia terdiri dari air. Tapi, jarang yang tahu, mengapa banyak ahli menyarankan minum air putih di pagi hari. Bahkan secara spesifik, disarankan minum air putih hangat di pagi hari.

Banyak yang menyebut bahwa kebiasaan itu bisa membantu menurunkan berat badan. Tapi, kenapa harus di pagi hari? Apa pengaruhnya di tubuh?

Mengutip Times India, Sabtu (9/11/2019), dibenarkan bahwa minum air putih bisa mengurangi nafsu makan, karena membuat tubuh cepat kenyang. Itulah alasan beberapa ahli menyarankan mereka yang sedang berdiet untuk menambah asupan air putih.

Tapi, pendapat yang menyatakan bahwa minum air putih di pagi hari atau sebelum sarapan bisa mengurangi asupan kalori sepanjang hari, bisa benar dan bisa juga tidak. Sebab, berdasarkan penelitian, minum air sebelum makan tidak mengurangi jumlah asupan kalori pada orang dewasa muda, tapi menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Di sisi lain, banyak orang percaya minum di pagi hari ampuh mengobati hidrasi tubuh setelah berjam-jam tubuh tidak mendapat asupan air saat tidur. Itulah mengapa air urine berwarna pekat di pagi hari. Meski faktanya, urin bukan satu-satunya indikator melihat status hidrasi.

Selain itu, memang benar ginjal sangat membutuhkan air untuk menyaring racun dari tubuh, tapi waktu kapan minum air putih tidak ada kaitannya sama sekali. Perlu diingat, air ampuh melumasi sendi, membersihkan racun dari tubuh, menjaga kulit Anda sehat, dan mampu mengatur suhu tubuh.

Jadi, pada dasarnya tidak ada bukti pasti yang mengklaim bahwa minum air putih di pagi hari sangat penting. Tetapi jika Anda masih melakukan kebiasaan itu, ya tidak ada salahnyajuga.

Satu kunci terpenting yaitu dengan memastikan tubuh terhidrasi sepanjang hari. Pastikan minum 2 liter air setiap hari untuk memastikan kecukupannya.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS