Betrand Peto Minum ASI Sarwendah di Umur Remaja, Ini Kata Pakar

Vania Rossa | Dini Afrianti Efendi
Betrand Peto Minum ASI Sarwendah di Umur Remaja, Ini Kata Pakar
Sarwendah dan Betrand Peto [Yuliani/Suara.com]

Apa dampaknya minum ASI saat usia sudah remaja?

Suara.com - Air susu ibu (ASI) memang kaya gizi. Nutrisi ASI juga tak tertandingi bahkan oleh susu formula termahal sekalipun. Dan belakangan, soal ASI, viral berita mengenai Betrand Peto, anak angkat Ruben Onsu, yang minum ASI perah Sarwendah. ASI perah ini semula merupakan persediaan bagi putri bungsu Ruben Onsu dan Sarwendah, Thania.

Kisah ini menjadi sorotan lantaran Betrand sudah bukan bayi lagi, ia sudah berusia 13 tahun. Memangnya, ada batasan usia maksimal anak mengonsumsi ASI?

Dr. Samuel Oetoro, SpGK, dokter spesialis gizi, mengatakan bahwa itu sama sekali tidak masalah. Menurutnya, tidak ada batasan umur seseorang bisa mengonsumsi ASI, meskipun si anak telah menginjak usia remaja sekalipun.

"Nggak ada maksimal usianya (minum ASI), nggak ada bahayanya juga," ujar dr. Samuel saat dihubungi Suara.com, Selasa (19/11/2019).

"Nggak apa-apa, bagus (gizinya), bapaknya juga boleh minum," sambungnya seraya berkelakar.

Bahkan, meski usia anak sudah 13 tahun seperti Betrand, menurut dr. Samuel itu juga bukan masalah. Tapi yang harus diperhatikan, Betrand hanya menjadikan ASI sebagai minuman pendamping. Selain itu, ia juga harus mengonsumsi gizi seimbang.

"Anak kan kebutuhan gizinya lebih banyak, apalagi 13 tahun. Apakah si anak ini minum ASI dari ibu yang masih punya baby, itu sebagai tambahan," jelas dr. Samuel.

Dokter yang berpraktik di RS Siloam Semanggi ini mengungkap bahwa gizi ASI yang kaya protein dan lemak, kualitasnya di atas rata-rata. Tapi tidak lantas melupakan kesehatan ibu, mengingat ia harus menyusui dua anak dengan rentan usia yang jauh berbeda.

"Apalagi menyusui dua anak, dia (ibu) harus makan gizi lebih," tuturnya.

Sekedar informasi, Sarwendah saat ini memang punya dua putri kandung perempuan, dan yang paling kecil si bungsu berusia kurang dari satu tahun. Menurut Ruben, alasan ASI diberikan untuk Betrand karena ia tidak pernah meminum ASI sejak bayi dan hanya meminum air teh.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS