Terjadi Spontan, Ketahui Jenis Keguguran yang Pengaruhi 20% Kehamilan

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah
Terjadi Spontan, Ketahui Jenis Keguguran yang Pengaruhi 20% Kehamilan
ilustrasi keguguran [shutterstock]

Keguguran terjadi secara spontan, dan memengaruhi 10% hingga 20% kehamilan yang berakhir keguguran.

Suara.com - Keguguran memang suatu kejadian tidak terduga sebelum usia kehamilan mencapai 20 minggu. Diketahui sekitar 10% hingga 20% kehamilan berakhir dengan keguguran.

Tapi, menurut Mayo Clinic, jumlah sebenarnya kemungkinan lebih tinggi karena banyak keguguran yang terjadi di awal kehamilan, sehingga seorang wanita tidak menyadari dirinya hamil.

"Secara umum keguguran adalah ketika ada pelepasan embrio dari dinding rahim, seringkali dengan peluruhan lapisan endometrium yang telah dibangun untuk memperkuat kehamilan," kata Alexander Chiang, MD, kepala OB-GYN Obstetrics and Gynaecology di UCLA Medical Center, Santa Monica.

Namun, terkadang lapisan endometrium, yang membantu menyehatkan embrio, tidak selalu keluar sepenuhnya. Hal ini membuat wanita tersebut membutuhkan perawatan medis atau bedah.

Ibu hamil gadget. (shutterstock)
Ibu hamil (shutterstock)

Keguguran terbagi dalam beberapa jenis, berikut di antaranya yang dilansir dari Insider:

1. Keguguran total

Keguguran total berarti semua jaringan, termasuk calon janin dan plasenta, telah keluar dari rahim. Jenis keguguran ini biasanya terjadi sebelum minggu ke 12 kehamilan.

2. Keguguran tidak lengkap

Keguguran tidak lengkap terjadi ketika beberapa jaringan kehamilan tetap berada di dalam rahim.

Dalam kasus ini, seorang wanita mungkin mengalami pendarahan hebat untuk jangka waktu yang lebih lama, dan USG akan menunjukkan bahwa masih ada bekuan darah atau plasenta di dalam rahim.

Untuk menghilangkan jaringan yang tersisa, wanita itu kemungkinan akan membutuhkan obat atau kurat.

Posisi tidur ibu hamil kembar (Pixabay/alessandraamendess)
ibu hamil  (Pixabay/alessandraamendess)

3. Missed carriage

Ini terjadi ketika embrio mati atau tidak dalam bentuk yang sempurna tetapi tetap di dalam rahhim. Seringkali tidak memiliki gejala dan dapat ditemukan saat USG.

4. Keguguran septik

Keguguran septik terjadi ketika bakteri berbahaya menginfeksi rahim . Jika Anda mengalami keguguran septik, ini darurat. Wanita itu akan mengalami demam yang sangat tinggi dan sakit perut.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS