Vidi Aldiano Idap Kanker Ginjal, Ini Penyebab dan Gejalanya

Silfa Humairah Utami | Dinda Rachmawati
Vidi Aldiano Idap Kanker Ginjal, Ini Penyebab dan Gejalanya
Vidi Aldiano [Evi Mariska/Suara.com]

Temukan penyebab dan gejala kanker ginjal seperti yang dialami Vidi Aldiano

Suara.com - Vidi Aldiano Idap Kanker Ginjal, Ini Penyebab dan Gejalanya

Penyanyi Vidi Aldiano menyampaikan kabar mengejutkan lewat sebuah video di Instagram beberapa jam lalu. Pelantun 'Nuansa Bening' tersebut mengatakan jika dirinya mengidap kanker ginjal stadium tiga.

"Baru minggu lalu gue dapat kabar bahwa gue punya kanker di ginjal gue, tepatnya di ginjal kiri gue," kata Vidi Aldiano.

Usai divonis memilik kanker, Vidi Aldiano langsung bergerak cepat. Dia mulai rutin melakukan rangkaian pengobatan di rumah sakit di Singapura.

Sampai akhirnya, dokter memutuskan untuk melakukan operasi pengangkatan kanker dari ginjal Vidi Aldiano. Operasi dilakukan pada hari ini, Jumat (13/12/2019) di sebuah rumah sakit di Singapura.

"Dan keputusan terbaik sudah diambil, insyaAllah gue hari ini akan melaksanakan operasi, ini udah di rumah sakit juga, kayaknya saat video ini dirilis, gue udah masuk ruang operasi," kata Vidi Aldiano.

Lewat video tersebut, Vidi Aldiano juga minta doa agar operasi yang dijalani diberi kelancaran.

"Jadi dengan ini gue mau minta tolong temen-temen buat bantu doa, semoga operasinya berjalan dengan lancar, semoga semua penyakit yang ada di ginjal gue bisa diangkat hari ini dengan aman," kata Vidi Aldiano.

Dikutip dari Hello Sehat, kanker ginjal merupakan salah satu penyakit yang bisa dialami oleh lelaki dan perempuan di semua kalangan usia, yang bisa disebabkan oleh beberapa hal.

Di antaranya ialah obesitas, tekanan darah tinggi, riwayat keluarga. di mana seseorang dengan anggota keluarga yang pernah menderita kanker ginjal memiliki risiko lebih besar untuk terkena penyakit tersebut. Beberapa kondisi kesehatan tertentu yang ada di dalam keluarga juga dapat meningkatkan risiko kanker ginjal.

Namun gejala awal kanker ginjal mungkin saja tidak terdeteksi. Meski begitu, seiring dengan berkembangnya tumor, ada beberapa hal yang bisa dideteksi, mulai dari kencing berdarah, pembengkakan di area sekitar ginjal, Lemah, lesu, dan tidak bertenaga, nafsu makan menurun, berat badan menurun drastis, demam hingga sakit perut.

Tak hanya itu, terdapat pula beberapa ciri dan gejala umum yang tidak disebutkan di atas. Jika Anda merasa khawatir tentang gejala kanker ginjal yang Anda rasakan, konsultasikan segera dengan dokter Anda.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS