Tahun Baru, Ayo Jaga Kesehatan dengan 5 Tips Berikut!

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana | Rosiana Chozanah
Tahun Baru, Ayo Jaga Kesehatan dengan 5 Tips Berikut!
Ilustrasi resolusi sehat 2020. (Shutterstock)

Demi hidup yang lebih sejahtera, jaga kesehatan dengan 5 tips ini.

Suara.com - Tahun baru sudah datang, dan tentu Anda juga memiliki serangkaian rencana yang ingin dilakukan pada 2020 ini. Namun, jangan lupa juga untuk membuat resolusi kesehatan demi kesejahteraan hidup Anda.

Melansir Mother Nature Network, berikut rangkaian resolusi yang dapat Anda ikuti agar memiliki hidup yang lebih sehat dan bahagia.

1. Banyak bergerak

Bergerak dengan melakukan aktivitas selama 10 menit dapat memberi manfaat kesehatan. Tak perlu melakukan sesuatu yang berat, gerakan kecil seperti berjalan sambil menelepon atau menari saat mendengar lagu kesukaan juga membuat tubuh tetap sehat, lo!

2. Ubah cara pola makan

Melakukan pengubahan pola makan adalah bentuk resolusi umum. Cobalah membuat perubahan secara bertahap, misalnya menambah satu buah atau sayuran ke makanan harian Anda, atau coba kurangi konsumsi daging dan gula.

Apabila sudah terbiasa dengan hal kecil ini, tentu pengubahan pola makan tidak akan menyulitkan Anda.

Khasiat Sayuran Bagi Kulit Wajah ( Shutterstock )
Khasiat Sayuran bagi kesehatan ( Shutterstock )

3. Makan lebih sedikit, olahraga lebih banyak

Jika resolusi Anda adalah menurunkan berat badan di tahun ini, mengurangi asupan kalori adalah hal terpenting selain bergerak. Idealnya, kedua hal ini harus dilakukan secara bersamaan.

Jika Anda hanya meningkatkan olahraga tanpa mengubah kebiasaan makan, maka tidak banyak berat badan yang akan turun.

4. Berjalan-jalan di alam

Semua orang tahu bahwa berada di alam sangat baik untuk kesehatan. Jadi, luangkan waktu untuk pergi ke tempat dengan suasana alam.

Berjalan-jalan di alam akan meningkatkan kesejahteraan Anda dan juga berdampak pada kualitas tidur serta menurunkan stres.

5. Atasi stres

Terlalu stres dapat merusak jantung, otak, dan berat badan Anda, menyebabkan sakit kepala dan sulit tidur, sakit perut dan dada, seperti dilaporkan WebMD.

Sangat sulit untuk menghilangkan stres sepenuhnya, tetapi ada beberapa cara untuk mengatasinya ketika hal itu terjadi. Cobalah beberapa latihan pernapasan dalam, yoga, atau meditasi untuk menenangkan otak dan tubuh Anda.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS