Orang Indonesia Makin Malas Gerak, Risiko Penyakit Tidak Menular Meningkat

M. Reza Sulaiman | Risna Halidi
Orang Indonesia Makin Malas Gerak, Risiko Penyakit Tidak Menular Meningkat
Stroke, salah satu penyakit tidak menular karena kurang gerak. (Shutterstock)

Kurangnya aktivitas fisik dapat mencetus berbagai penyakit tidak menular atau PTM seperti penyakit jantung, stroke, diabetes, hingga kanker.

Suara.com - Orang Indonesia Makin Malas Gerak, Risiko Penyakit Tidak Menular Meningkat

Berdasarkan data Riskesdas 2018, jumlah rata-rata penduduk Indonesia yang kurang menjalani aktivitas fisik meningkat dari 26 persen pada 2013 menjadi 33 persen pada 2018.

Di daerah DKI Jakarta misalnya, kasus kurangnya aktivitas fisik meningkat dari 44,2 persen pada 2013 menjadi 47,8 persen pada 2018.

Padahal kurangnya aktivitas fisik dapat mencetus berbagai penyakit tidak menular atau PTM seperti penyakit jantung, stroke, diabetes, hingga kanker.

Penyakit tidak menular sendiri merupakan penyebab kematian tertinggi di seluruh dunia dengan angka presentase 63 persen atau membunuh sekitar 36 juta jiwa per tahun.

Maka dari itu, dibutuhkan kegiatan rutin melakukan aktivitas fisik agar terhindar dari penyakit berbahaya.

Karena tingginya kasus penyakit tidak menular, pemerintah Republik Indonesia membuat program unggulan bertajuk Gerakan Masyarakat Hidup Sehat atau GERMAS dan menggaet Anlene untuk menyelenggarakan acara bertajuk Superball Run 2020 pada 12 Januari 2020 lalu.

"Dengan menyediakan pemeriksaan Body Age dan Zumba, Anlene ingin meningkatkan kesadaran masyarakat DKI Jakarta bahwa hidup aktif dengan tulang, sendi, dan otot sehat sedini mungkin akan menjadi investasi di masa depan untuk mencegah peningkatan risiko penyakit tidak menular," kata Marketing Manager Anlene, PT Fonterra Brands Indonesia, Rhesya Agustine, melalui siaran rilis yang diterima Suara.com.

Susu sendiri merupakan produk alami yang diklaim dapat memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat Indonesia untuk menjalankan gaya hidup aktif dan sehat karena mengandung tinggi kalsium, protein, dan kolagen untuk bantu menjaga kesehatan tulang, sendi, dan otot.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS