Ekki Soekarno Diduga Pneumonia, Waspadai Gejalanya yang Mirip Flu

Yasinta Rahmawati
Ekki Soekarno Diduga Pneumonia, Waspadai Gejalanya yang Mirip Flu
Ekki Soekarno dan Soraya Haque. [Instagram]

Pneumonia seringkali mirip dengan gejala flu atau pilek dan bertahan lebih lama.

Suara.com - Musisi kawakan tanah air, Ekki Soekarno dilaporkan tengah terbaring sakit di Rumah Sakit Pondok Indah Bintaro. Dirawat sejak Kamis (16/01/2020), suami dari Soraya Haque ini sengaja dibuat tidak sadar oleh pihak rumah sakit.

"Ditidurkan karena tubuhnya melawan alat. Supaya obatnya bekerja dengan baik, tubuh harus rileks," kata Soraya Haque, saat ditemui di Rumah Sakit Pondok Indah Bintaro Jaya, kawasan Tangerang Selatan, Sabtu (18/1/2020).

Menurut Soraya Haque, Ekki Soekarno sempat terkena serangan jantung. Padahal lelaki 58 tahun ini tidak memiliki riwayat sakit jantung.

Awalnya Ekki dilarikan ke rumah sakit karena suhu badannya panas tinggi, sesak napas dan berwajah gelap.

Diduga penabuh drumer itu sakit Infeksi paru. Namun hal tersebut belum bisa dipastikan karena sampai saat ini pihak rumah sakit masih terus melakukan obervasi.

Gilang Ramadhani menjenguk Ekki Soekarno. [Instagram]
Gilang Ramadhani menjenguk Ekki Soekarno. [Instagram]

Dilansir dari Mayo Clinic, infeksi paru sendiri dikenal sebagai pneumonia. Penyakit ini dapat disebabkan oleh berbagai patogen, virus, bakteri maupun jamur.

Saat seseorang menderita pneumonia, kantung udara kecil di paru-paru (alveoli) meradang dan dapat terisi cairan atau bahkan nanah.

Tanda dan gejala pneumonia bervariasi dari ringan hingga berat, tergantung pada faktor-faktor seperti jenis kuman penyebab infeksi dan usia serta kesehatan secara keseluruhan.

Tanda-tanda dan gejala-gejala ringan seringkali mirip dengan gejala flu atau pilek, tetapi pneumonia bertahan lebih lama. Tanda dan gejala pneumonia dapat meliputi:

  • Nyeri dada saat Anda bernapas atau batuk
  • Kebingungan atau perubahan kesadaran mental (pada orang dewasa usia 65 dan lebih tua)
  • Batuk yang bisa menghasilkan dahak
  • Kelelahan
  • Demam, berkeringat dan menggigil kedinginan
  • Lebih rendah dari suhu tubuh normal (pada orang dewasa yang berusia lebih dari 65 tahun dan orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah)
  • Mual, muntah atau diare
  • Sesak napas

Sebaiknya segera temui dokter jika Anda mengalami kesulitan bernafas, nyeri dada, demam 39 C atau lebih tinggi maupun batuk persisten, terutama jika disertai nanah dan darah.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS