Bisakah Wanita Hamil Saat Jelang Menopause? Ini Penjelasannya!

Dany Garjito | Shevinna Putti Anggraeni
Bisakah Wanita Hamil Saat Jelang Menopause? Ini Penjelasannya!
Ilustrasi wanita menopause hamil (shutterstock)

Jelang puncak menopause, wanita masih bisa hamil karena ovulasi masih bisa terjadi.

Suara.com - Kebanyakan orang mungkin berpikir bahwa wanita tidak akan bisa hamil setelah menopause. Faktanya, menopause bukanlah satu sinyal bahwa wanita tidak akan bisa hamil lagi.

Menopause adalah tanda bahwa seorang wanita tidak akan mengalami menstruasi lagi. Masa ini ditandai dengan tidak keluarnya darah menstruasi selama 12 bulan sejak menstruasi terakhir.

Kondisi ini pastinya akan memengaruhi kesuburan dan kemungkinan pembuahan. Tetapi, asumsi bahwa wanita menopause tidak bissa hamil lagi ini bisa menyesatkan mereka lalu menyebabkan kehamilan yang tidak direncanakan.

Perlu dipahami mengenai beberapa fakta tentang menopause dan kehamilan. Dilansir oleh medicalnewstoday.com, setiap wanita dilahirkan dengan jumlah telur terbatas. Kehamilan pun masih mungkin terjadi sampai tahap pascamenopause.

Sayangnya, banyak wanita menganggap mereka telah memasuki masa menopause ketika pertama kali mengalami gejala menopause. Namun, ada 2 tahap yang berbeda antara lain perimenopause dan postmenopause.

Ilustrasi wanita menopause (shutterstock)
Ilustrasi wanita menopause (shutterstock)

Perimenopause juga disebut sebagai transisi menopause, yakni waktu sebelum menopause di mana tubuh mulai melakukan perubahan dalam persiapan untuk menopause.

Pascamenopause telah terjadi ketika seorang wanita belum memiliki menstruasi selama 12 bulan. Pada tahap ini, wanita masih mungkin mengalami kehamilan.

Lalu bagaimana kehamilan bisa terjadi saat perimenopause?

Jumlah telur wanita memang berkurang seiring bertambahnya usia. Kondisi ini juga menurunkan peluang seorang wanita hamil.

Meskipun hot flashes dan menstruasi tidak teratur pada masa ini, ovulasi pada wanita perimenopause masih bisa terjadi. Jika telur yang layak dilepaskan dan dibuahi sehingga akan terjadi kehamilan.

Sebenarnya waktu wanita mencapai masa menopause sangat bervariasi. Tetapi, biasanya masa menopause terjadi di antara usia 40 hingga 55 tahun.

Setelah menopause terjadi, keseimbangan hormon wanita akan berubah secara permanen. Pada tahap ini, ovulasi tidak akan terjadi lagi dan seorang wanita tidak dapat hamil secara alami.

Jadi, wanita bisa dinyatakan tidak akan bisa hamil lagi setelah mencapai masa menopause, yakni setelah 12 bulan tidak menstruasi lagi.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS