Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

Duh, Survei Sebut Anak Usia 13 Tahun Sudah Pikirkan Masalah Penuaan Dini

Silfa Humairah Utami | Risna Halidi
Duh, Survei Sebut Anak Usia 13 Tahun Sudah Pikirkan Masalah Penuaan Dini
acara Rediscovering the Indonesian Female from Generation: ZAP Beauty Index. (Suara.com/Risna Halidi)

Ini perawatan wajah yang tepat ntuk anak remaja 13 tahun

Suara.com - Duh, Survei Sebut Anak Usia 13 Tahun Sudah Pikirkan Masalah Penuaan Dini

Masalah kulit seperti penuaan dini umumnya menjadi problematika orang yang memasuki usia 20 tahun akhir atau usia 30-an awal. Namun melalui data yang dimiliki ZAP Clinic lewat survei bertajuk ZAP Beauty Index 2019 diketahui bahwa ada tren baru di mana anak usia 13 tahun sudah mulai memikirkan masalah penuaan dini.

"Fun fact yang ditemukan dalam survei ini adalah sudah ada perempuan Indonesia yang mulai mempertimbangkan menggunakan produk kecantikan dengan fungsi anti-aging (anti penuaan) mulai dari usia 13 tahun," tulis hasil penelitian yang dilakukan atas kerjasama antara ZAP Clinic dan MarkPlus Inc.

Lalu bagaimana pendapat ahli mengenai survei tersebut?

Ditemui Suara.com dalam acara Rediscovering the Indonesian Female from Generation: ZAP Beauty Index 2019, dr. Dara Ayuningtyas, mengatakan bahwa memasuki usia 13 tahun, seorang remaja tengah dalam kondisi gejolak hormon menuju stabil. Itu pula yang membuat remaja cenderung mengalami produksi minyak pada wajah yang berlebih hingga menimbulkan jerawat dan menyebabkan wajah nampak kusam.

Hanya saja, kata dr Dara, remaja usia 13 tahun yang tidak memiliki permasalah kulit yang serius, tidak memerlukan penangan serius pula. Pada hakikatnya, remaja hanya perlu menjalani perawat wajah sederhana melalui produk skin care sederhana pula. "Selama perawatan kulit tidak serius sebenarnya tidak dibutuhkan penanganan serius. Contohnya skin care saja cukup," tambahnya.

Produk perawatan wajah yang paling wajib dimiliki oleh anak usia remaja, kata dr. Dara, adalah cleansing, pencuci muka dan toner. "Itu dasar sekali, yang harus dilakukan Generasi Z atau mereka yang usia 13 tahun agar kulit terjaga kebersihan dan kelembapannya."

Untuk urusan makeup, dr. Dara mengimbau agar anak remaja usia 13 tahun untuk selalu rajin menghapusnya dengan baik dan benar. Paparan makeup yang berlebihan dan tidak dibersihkan secara benar dapat menyebabkan pengendapan yang pada akhirnya, mempercepat penuaan dini.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS