Menkes Terawan: Jangan Takut Virus Kalau Punya Imunitas Tubuh Tinggi

Vania Rossa | Risna Halidi
Menkes Terawan: Jangan Takut Virus Kalau Punya Imunitas Tubuh Tinggi
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. (Suara.com/Dini Afrianti)

Imunitas tubuh tinggi dapat diperoleh lewat konsumsi gizi seimbang dan gaya hidup sehat dan bersih.

Suara.com - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Terawan Agus Putranto, menekankan pentingnya daya tahan tubuh atau imunitas dalam menghalau berbagai jenis penyakit, termasuk penyakit yang disebabkan oleh virus. Hal tersebut ia utarakan saat berpidato dalam acara Hari Gizi Nasional, di Lapangan Kemenkes, Jakarta Selatan, Selasa (28/1/2020).

"Pusat imunitas ketahanan tubuh ada pada usus. Kalau pencernaan baik karena konsumsi gizi yang seimbang, maka imunitas kita juga tinggi. Sehingga kita tidak perlu takut dengan virus," kata Menkes Terawan di dapan peserta upacara Peringatan Hari Gizi Nasional.

Imunitas yang baik, kata Menkes Terawan, dapat diperoleh lewat konsumsi gizi seimbang yang baik dan melakukan gaya hidup sehat dan bersih.

Ia juga menekankan pentingnya melakukan olahraga secara rutin untuk menjaga kebugaran tubuh. "Tetap lakukan olahraga, tidak usah yang berat-berat, yang ringan-ringan saja dulu, yang penting bergerak."

Selain itu, Menkes Terawan juga tidak menampik pentingnya kekuatan kesehatan pikiran. Hal tersebut, menurutnya, bisa didapatkan lewat berdoa kepada Yang Maha Kuasa. "Dengan kita berdoa, bersembahyang, membaca hal-hal baik, itu sama dengan melakukan hal yang menyenangkan," katanya.

Seperti yang diketahui, dunia saat ini sedang dihebohkan dengan penyebaran virus corona Wuhan. Virus tersebut telah menginfeksi ribuan orang dengan total jumlah kematian sudah mencapai angka 106 jiwa. Nah, dengan imunitas yang tinggi, maka tak ada alasan bagi kita untuk takut terinfeksi virus apapun.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS