Viral Pernyataan KPAI, Seberapa Lama Sperma Hidup di Luar Tubuh Pria?

Rima Sekarani Imamun Nissa | Rosiana Chozanah
Viral Pernyataan KPAI, Seberapa Lama Sperma Hidup di Luar Tubuh Pria?
Ilustrasi sperma (Shutterstock)

Komisioner KPAI menyebut wanita dapat hamil apabila berenang bersama pria.

Suara.com - Pemberitaan mengenai perempuan dapat hamil saat berenang bersama pria yang awalnya dilontarkan oleh Siti Hikmawati, komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), seketika menjadi perbincangan warganet, sejak Sabtu (22/2/2020) malam.

Dalam pernyataannya, Hikma menyebut bahwa kehamilan yang terjadi akibat berenang bersama laki-laki adalah contoh dari kehamilan tidak langsung.

Penyataan ini sekeita menjadi kontroversi di kalangan publik.

American Pregnancy Association menyebut bahwa kecil kemungkinan sperma dapat melakukan perjalanan melalui area air yang luas di kolam, bak mandi, atau pemandian air panas untuk mencapai vagina dan menyebabkan kehamilan.

"Jika ejakulasi terjadi dalam air hangat biasa, sperma bisa bertahan selama beberapa menit. Jika ejakulasi terjadi di dalam air yang sangat panas, atau air yang diisi dengan bahan kimia kolam, gelembung atau zat lain, sperma tidak akan mampu bertahan lebih dari beberapa detik," lapornya.

Ilustrasi sperma (Shutterstock)

Dilansir Medical News Today, peneliti mengasumsi bahwa kehamilan hanya bisa terjadi ketika sperma secara langsung bersentuhan dengan vagina.

Berapa lama sperma hidup?

- Di dalam rahim

Sperma hanya akan bertahan lama di dalam tubuh wanita, dalam kondisi lembap dan hangat sperma dapat bertahan hidup sampai lima hari.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS