alexametrics

Cegah Virus Corona Covid-19 Pakai Vitamin C, Bisakah?

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Cegah Virus Corona Covid-19 Pakai Vitamin C, Bisakah?
Ilustrasi vitamin C (shutterstock)

Vitamin C disebut bisa membantu mencegah virus corona Covid-19 yang sudah masuk ke Indonesia.

Suara.com - Sebuah studi yang dilakukan di China telah melihat efek vitamin C sebagai vaksin poensial untuk melawan virus corona Covid-19 yang mematikan.

Ilmuwan China mencoba memberikan vitamin C dalam jumlah tinggi pada pasien yang terinfeksi virus corona Covid-19. Vitamin C ini sebagai upaya untuk mencari tahu nutrisi dapat mengekang virus atau tidak.

Para peneliti di Rumah Sakit Zhongnan, Universitas Wuhan memberikan infus 24 gram vitamin C harian kepada pasien yang terinfeksi virus corona Covid-19 selama 7 hari.

Namun yang dilansir dari Express, dosis vitamin C harian yang diberikan oleh China sekitar 60 kali lebih banyak daripada jumlah yang direkomendasikan oleh NHS.

Baca Juga: Bawang Putih Hingga Minyak Wijen, Benarkah Bisa Tangkal Corona Covid-19?

Menurut Dr. Thomas Levy, ahli jantung Amerika Serikat, vitamin C telah bekerja melawan setiap virus jika diberikan dalam takaran yang cukup.

Dr. Mike Skinner, ahli virologi di Imperial College London, mengatakan para peneliti tidak akan tahu tentang potensi vitamin C dalam beberapa waktu. Sekarang pun manfaat vitamin untuk melawan virus masih diuji.

Ilustrasi virus Corona Covid-19 - (Pixabay/geralt)
Ilustrasi virus Corona Covid-19 - (Pixabay/geralt)

Sementara itu dilansir oleh Hello Sehat, setiap penyakit muncul berkaitan dengan daya tahan tubuh atau sistem kekebalan tubuh seseorang. Dalam hal ini, vitamin C bisa berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus mencegah infeksi penyakit apapun.

Vitamin C juga berfungsi mendukung kerja neutrofil, sel pertama dari sistem kekebalan tubuh yang merespons dengan cara menyerang bakteri atau virus.

Selain itu, vitamin C juga memiliki banyak peran lain dalam mencegah tubuh terinfeksi virus corona Covid-19, antara lain:

Baca Juga: Bawang Putih Jadi Biang Kerok Inflasi 0,28 Persen di Februari 2020

1. Menyembuhkan batuk dan flu

Komentar