Anjing dan Kucing Tak Mungkin Tularkan Virus Corona Covid-19, Ini Alasannya

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Anjing dan Kucing Tak Mungkin Tularkan Virus Corona Covid-19, Ini Alasannya
Ilustrasi anjing dan kucing liar [shutterstock]

Peneliti belum meyakini kalau hewan peliharaan seperti anjing dan kucing bisa menularkan virus corona Covid-19.

Suara.com - Setelah satu anjing di Hong Kong dinyatakan terinfeksi virus corona Covid-19, banyak orang mulai khawatir jika hewan peliharaannya juga terinfeksi.

Tak hanya itu, mereka juga takut jika hewan peliharaannya menularkan virus corona Covid-19. Tetapi, para ahli berpendapat bahwa bukan itu masalahnya.

Menurut Departemen Pertanian, Perikanan dan Konservasi (AFCD), Hong Kong dilansir dari Abc News, sampel dari rongga hidung dan mulut anjing tidak mudah terinfeksi virus corona Covid-19.

Tetapi, ini adalah anjing pertama yang terinfeksi virus di Hong Kong. Anjing ini pun tidak menunjukkan gejala dan sempat dikarantina. Setelah melalui uji medis berulang kali, hasil tes corona Covid-19 anjing itu pun negatif.

Baca Juga: Kondisi Terkini Anak Selvi Kitty yang Idap Penyakit Langka Kawasaki

Organisasi Kesehatan Dunia dan AFCD juga mengatakan kalau tidak ada bukti bahwa hewan peliharaan seperti kucing dan anjing bisa terinfeksi virus corona Covid-19.

Ilustrasi anjing. (Pixabay/wiggijo)
Ilustrasi anjing. (Pixabay/wiggijo)

Karena, hewan peliharaan tidak mungkin tertular virus corona Covid-19 dari manusia. Namun, hasil tes kucing dan anjing mungkin positif untuk patogen tingkat rendah yang diperoleh dari manusia atau pemiliknya.

"Saat ini tidak ada bukti bahwa hewan peliharaan bisa menjadi sumber infeksi virus corona Covid-19 atau hewan menjadi sakit akibat virus ini," kata juru bicara Departemen Pertanian, Perikanan dan Konservasi (AFCD).

Virus corona Covid-19 memang terbukti bisa hidup beberapa jam di permukaan benda mati. Tetapi, peneliti belum yakin kalau virus corona bertahan dengan cara yang sama pada hewan peliharaan.

Sejauh ini, anjing dan kucing tidak lebih berisiko menularkan virus corona Covid-19 daripada benda mati, seperti gagang pintu, meja kerja, lift dan lainnya.

Baca Juga: Akibat Penyakit Langka, Bocah 8 Tahun Ini Konsumsi Viagra

Bahkan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS menekankan kalau penyebaran virus corona Covid-19 pada manusia melalui tetesan cairan pernapasan orang yang terinfeksi.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS