Jaga Sistem Kekebalan Tubuh Kita, Meditasi di Rumah yuk!

Rima Sekarani Imamun Nissa | Rosiana Chozanah
Jaga Sistem Kekebalan Tubuh Kita, Meditasi di Rumah yuk!
Ilustrasi pasangan meditasi di kamar tidur. (Shutterstock)

Meditasi dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh agar berfungsi secara optimal.

Suara.com - Meditasi ternyata tidak hanya bermanfaat untuk mengatasi kecemasan atau stres, tetapi juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Sebuah tinjauan yang melibatkan 20 uji coba terkontrol secara acak, termasuk lebih 1.600 orang, menunjukkan meditasi dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh agar berfungsi secara optimal.

Keadaan penuh tekanan selama wabah virus corona baru ini memang dapat memengaruhi sistem kekebalan secara negatif, tetapi meditasi dapat membantu merespons secara lebih baik.

"Praktik meditasi yang konsisten dapat membantu kita merespons dengan lebih baik terhadap situasi yang penuh tekanan," ujar Ellie Burrows Gluck, seorang guru meditasi Veda dan CEO MNDFL di New York, AS.

Ilustrasi meditasi. (Shutterstock)
Ilustrasi meditasi. (Shutterstock)

"Hidup ini berantakan dan meskipun meditasi bukan obatnya, semua itu dapat membantu kita mengingat untuk bernapas," katanya kepada CNN, mengatakan bahwa meditasi dapat membuat kita beristirahat dari tekanan keadaan.

Untuk memulai meditasi, cukup pusatkan seluruh perhatian Anda pada pernapasan. Duduk dengan postur tubuh tegak dan mata tertutup atau terbuka.

Ketika pikiran kembali terdistraksi, cobalah untuk kembali fokus pada pernapasan Anda.

Kata Gluck, sebagian besar studi menunjukkan Anda perlu berlatih minimal 10 menit sehari selama 8 hingga 10 minggu untuk melihat manfaatnya seiring waktu.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS