Studi Ungkap Bagaimana Corona Covid-19 Menyebar di Gang dan Ruangan Kecil

Risna Halidi | Dini Afrianti Efendi
Studi Ungkap Bagaimana Corona Covid-19 Menyebar di Gang dan Ruangan Kecil
Ilustrasi gang sempit di Ciracas, Jakarta Timur.

Tim peneliti membuat model bagaimana partikel virus kecil bekerja menyebar di udara dan masuk ke gang toko bahan makanan.

Suara.com - Studi Ungkap Bagaimana Corona Covid-19 Menyebar di Gang dan Ruangan Kecil.

Banyak orang bertanya-tanya bagaimana virus corona penyebab sakit Covid-19 bisa menyebar dengan sangat cepat dan menginfeksi tubuh manusia.

Nampaknya sebuah penelitian yang dilakukan peneliti Finlandia ini akan sedikit membantu Anda.

Mengutip laman Live Science, Jumat (10/4/2020) para peneliti Universitas Aalto, Institut Meteorologi Finlandia, Pusat Peneltian Teknis VTT Finlandia dan Universitas Helsinki memanfaatkan superkomputer untuk mensimulasi penyebaran partikel virus kecil yang ditinggalkan orang lain setelah batuk.

Peneliti kemudian menstimulasikan skenario dimana seseorang batuk di lorong toko di antara rak-rak makanan dan kemudian menyebar melalui ventilasi. Setelahnya, terungkap bagaimana 'awan' aerosol yang diumpamakan virus itu menyebar.

Gejala dan pencegahan Virus Corona (Coronavirus) Covid-19.
Gejala dan pencegahan Virus Corona (Coronavirus) Covid-19.

Proses sebaran aerosol memang memakan waktu beberapa menit, tapi saat orang lewat maka ia bisa dengan mudah menghirup partikel-partikel kecil tersebut.

"Seseorang yang terinfeksi oleh virus corona bisa batuk lalu pergi, tapi kemudian tetap meninggalkan partikel aerosol yang sangat kecil yang mengandung virus corona. Partikel-partikel ini kemudian terhirup saluran pernapasan orang lain," ujar Ville Vuorine, Asisten Profesor, Departemrn Teknik Mesin Univeristas Aalto.

Berdasarkan temuan itu, para peneliti merekomendasikan orang-orang untuk menghindari ruang sempit yang banyak orang.

Peneliti melakukan permodelan pergerakan partikel aerosol yang lebih kecil dari 20 mikrometer, yang di dalamnya terkandung partikel yang sangat kecil untuk terbang di udara.

Peneliti ini kemudian berjanji akan memperbaiki permodelan mereka dan mengembangkan dalam bentuk gambar agar pergerakan partikel di udara lebih bisa dipahami.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS