facebook

ART Ashanty Derita Tumor Rahim, Seberapa Bahaya Penyakit Ini?

M. Reza Sulaiman | Rosiana Chozanah
ART Ashanty Derita Tumor Rahim, Seberapa Bahaya Penyakit Ini?
Suwarsih Asih, pengasuh Arsy, anak pasangan artis Anang dan Ashanty (@suwarsiha/instagram).

Tumor rahim, atau fibroid, merupakan tumor berotot yang tumbuh di dinding rahim.

Suara.com - Penyanyi kenamaan Ashanty mengabarkan salah satu asisten rumah tangganya, Suwarsih Asih, akan menjalani operasi pengangkatan tumor rahim pada Senin (20/4/2020).

"Abis dapat kabar sedih banget, Suteng (sapaan Suwarsih) kesayangan kena tumor rahim udah 13 cm, doain ya semia mau segera diangkat," tulis Ashanty di Instagram.

Tumor rahim, yang juga disebut sebagai fibroid, merupakan tumor berotot yang tumbuh di dinding rahim. Hampir semua fibroid jinak, yang artinya tidak bersifat kanker.

Ukurannya berkisar dari semai, tidak terdeteksi oleh mata manusia, hingga massa besar yang dapat merusak dan memperbesar rahim.

Baca Juga: 5 Potret Akrab Ashanty dan Suwarsiha, Pengasuh Arsy yang Kena Tumor Rahim

Berdasarkan laman Mayo Clinic, fibroid dapat memperluas rahim hingga mencapai tulang rusuk dan menambah berat. Namun, ini hanya terjadi pada kasus ekstrem.

Ashanty bersama pengasuh Arsy Hermansyah, Suwarsih Asih yang menderita tumor rahim. [Instagram]
Ashanty bersama pengasuh Arsy Hermansyah, Suwarsih Asih yang menderita tumor rahim. [Instagram]

Ginekolog dari John Hopkins Mindy Christianson, MD, mengatakan fibroid cukup umum, dengan 20% hingga 70% wanita akan memilikinya selama masa reproduksi. Kondisi ini juga hampir selalu (99% dari waktu) tidak berbahaya.

"Tetapi itu tidak berarti Anda harus mengabaikannya. Fibroid dapat menyebabkan komplikasi seperti pendarahan yang berlebihan dan masalah reproduksi," kata Christianson, dikutip dari laman Hopkins Medicine.

Womens Health juga mengatakan fibroid jarang (kurang dari satu dalam 1.000) berubah menjadi kanker. Ini disebut dengan leimyosarcoma.

Memiliki fibroid tidak meningkatkan risiko mengembangkan fibroid kanker, juga tidak meningkatkan peluang wanita untuk mendapatkan bentuk kanker lain di dalam rahim.

Baca Juga: Sama-sama Masalah Organ Reproduksi, Apa Perbedaan Tumor Rahim dan PCOS?

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar