facebook

Hindari Pegal, Ini 10 Tips Menggunakan Laptop Saat WFH

Vania Rossa | Lilis Varwati
Hindari Pegal, Ini 10 Tips Menggunakan Laptop Saat WFH
Tips Menggunakan Laptop Saat WFH. (Pexels)

Perhatikan posisi tubuh Anda saat menggunakan laptop.

Suara.com - WFH atau bekerja dari rumah selama masa pandemi Covid-19 membuat kita bergantung pada komputer atau laptop. Sayangnya, rumah kita tak memiliki meja dan kursi kantor yang mungkin didesain untuk bekerja di depan laptop selama berjam-jam. Itu sebabnya, selama WFH, kita cenderung mudah merasa pegal jika kelamaan menggunakan laptop.

Posisi yang salah, mulai dari membungkuk hingga punggung miring, bisa bikin leher jadi tegang dan punggung pegal. Oleh karena itu, penting untuk tahu cara menggunakan laptop dengan posisi dengan benar.

Dilansir dari laman Time, ikuti 10 tips WFH menggunakan laptop agar tubuh tidak mudah pegal.

1. Pandangan mata sejajar dengan layar laptop

Baca Juga: 5 Olahraga yang Bisa Dilakukan saat WFH

Pastikan layar laptop berada pada ketinggian yang sejajar dengan mata saat Anda duduk. Jangan menatap layar laptop dengan pandangan menunduk seperti Anda melihat ponsel, atau jangan miringkan layar laptop sehingga Anda juga harus memiringkan leher.

Anda mungkin harus meletakkan laptop di atas tumpukan buku atau kotak kardus agar posisinya bisa sejajar dengan pandangan mata Anda.

2. Letakkan laptop mengarah ke jendela

Untuk meminimalkan layar laptop terlalu cerah, pastikan Anda tidak duduk membelakangi jendela. Cahaya yang masuk melalui jendela akan menyebabkan silau pada layar, kecuali jika ada tirai pada jendela. Jadi, duduklah menghadap ke jendela. Jika Anda bekerja di meja kaca, tutupi meja dengan taplak untuk mencegah pantulan cahaya.

3. Lihat dokumen kertas dengan leher lurus

Baca Juga: Kantuk Menyerang saat WFH, Coba 5 Trik Ini untuk Tetap Terjaga

Jangan membaca dari iPad atau kertas yang diletakan di atas meja, sebab hal ini akan menyebabkan kepala Anda terus bergerak ke atas dan ke bawah. Jika Anda perlu bolak-balik melihat layar laptop dan bahan bacaan terpisah, gunakan tempat dokumen vertikal atau letakkan iPad di samping layar.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar