Batuk di Tempat Umum Kerap Dicurigai Covid-19, Bagaimana Cara Menyikapinya?

Risna Halidi | Lilis Varwati
Batuk di Tempat Umum Kerap Dicurigai Covid-19, Bagaimana Cara Menyikapinya?

Pernahkah kamu batuk atau bersin di tempat umum lalu ditatap banyak orang seolah-olah dicurigai mengidap Covid-19? Pasti tidak nyaman kan?

Suara.com - Batuk di Tempat Umum Kerap Dicurigai Covid-19, Bagaimana Cara Menyikapinya?

Flu dan batuk menjadi salah satu gejala awal penyakit Covid-19. Infeksi virus corona jenis baru tersebut juga bisa menular melalui droplet yang keluar saat orang bersin atau batuk.

Lalu, pernahkah kamu batuk atau bersin di tempat umum lalu ditatap banyak orang seolah-olah dicurigai mengidap Covid-19? Pasti tidak nyaman kan?

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Medical Expert Combiphar dr. Sandi Perutama Gani mengatakan, hal yang paling penting untuk diterapkan adalah melakukan etika batuk saat berada di tempat umum.

"Paling gampang kita kalau batuk atau bersin ya punya etika lah. Kalau lagi batuk atau flu pakai masker," kata Sandi Perutama Gani dalam virtual media briefing bersama Combiphar, Selasa (19/5/2020).

Ilustrasi bersin (getty image)
Ilustrasi bersin (getty image)

Jika sedang tidak menggunakan masker, Sandi menyarankan untuk melakukan etika batuk dengan cara menutup hidung dan mulut dengan lengan tangan bagian dalam. Atau bisa juga menggunakan tisu.

"Hidung dan mulut harus ditutup jangan hanya salah satunya aja," katanya.

Meski begitu, Sandi mengatakan bahwa cara batuk dan bersin paling aman adalah dengan selalu memakai masker.

Meski tidak sedang flu, pemakaian masker telah menjadi wajib jika berada di tempat umum untuk menghindari paparan virus corona Covid-19.

Kebersihan tangan juga harus selalu diperhatikan. Karena sering kali saat bersin atau batuk, orang reflek menutup mulut dengan telapak tangan meski telah memakai masker.

Sandi menyarankan agar setiap kali berada di tempat umum sebaiknya selalu membawa hand sanitizer. "Siapkan hand sanitizer dalam tas dengan konsentrasi alkohol 70 persen yang tidak membuat kulit kering," katanya.

Ia menyarankan sebaiknya gunakan hand sanitizer yang mengandung pelembab untuk mencegah terjadinya kulit kering.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS